Jumat 01 Oktober 2021, 18:35 WIB

Cianjur Nihil RT Zona Oranye dan Merah Covid-19

Benny Bastiandy | Nusantara
Cianjur Nihil RT Zona Oranye dan Merah Covid-19

DOK MI
Ilustrasi

 

KABUPATEN Cianjur, Jawa Barat, hingga pekan ini sudah tidak ada lagi lingkungan RT yang berzona oranye ataupun merah penyebaran covid-19. Hampir sebagian besar saat ini berzona hijau dan kuning.

Bupati Cianjur, Herman Suherman, menyebutkan hasil evaluasi pekan ini, zona kuning hanya tersisa 40 RT. Sedangkan hampir semuanya merupakan zona hijau. "Sedangkan zona oranye dan zona merah sudah tidak ada," kata Herman seusai memimpin rapat evaluasi rutin mingguan pelaksanaan PPKM secara hybrid di Bale Prayoga Komplek Pendopo Cianjur, Jumat (1/10).

Herman menegaskan kondisi tersebur mengindikasikan penanganan covid-19 di Kabupaten Cianjur hingga sekarang masih cukup terkendali. Pekan ini hanya terdapat penambahan sebanyak 14 kasus konfirmasi. "Pekan lalu hingga hari ini penambahan kasus baru konfirmasi covid-19 hanya 14 orang," terang Herman.

Demikian juga dengan tingkat keterisian tempat tidur (bed occupancy rate) di sejumlah rumah sakit rujukan yang semakin berkurang. Herman menyebut di RS Pagelaran dan RS Cimacan sudah tidak ada pasien konfirmasi covid-19 yang dirawat.

"Tinggal di RSUD Sayang hanya beberapa orang lagi. Semuanya bagus. Terkendali," pungkasnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Irvan Nur Fauzy, menambahkan kasus baru konfirmasi covid-19 di Kabupaten Cianjur saat ini sudah cukup menurun drastis. Sepekan terakhir penambahannya hanya kisaran 15 kasus.

"(Penurunannya) sangat drastis. Seminggu ini hanya 15 orang yang terkonfirmasi covid-19 se-Kabupaten Cianjur," kata Irvan.

Demikian pula BOR di semua rumah sakit rujukan di Kabupaten Cianjur sudah terkendali. Rata-rata tingkat keterisian kurang dari 10%.

Namun Irvan mengingatkan masyarakat agar tidak bereuforia. Makin terkendalinya covid-19 saat ini justru harus jadi momentum terus meningkatkan pendisiplinan menerapkan protokol kesehatan yang diimplementasikan berupa gerakan 5M.

"Terutama memakai masker. Setiap beraktivitas, jangan sampai kita lengah dengan tidak memakai masker. Selalu gunakan masker," pungkasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/Apul Sianturi

Kilang SP3T Segera Beroperasi Lagi Genjot Produksi Padi Simalungun

👤Apul Iskandar 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 08:45 WIB
PEMKAB Simalungan hidupkan lagi kilang Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T) di Nagori Pamatang Panombean, Kecamatan Panombean...
dok.humaspemkab

Sugianto Berharap Bendungan Karau Diperluas Pemerintah Pusat

👤Surya Sriyanti 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 08:30 WIB
GUBERNUR Kalteng H. Sugianto Sabran meminta pemerintan pusat memperluas Bendungan Karau untuk mengoptimalkan potensi pertanian di Kabupaten...
DOK Pribadi.

TPST Samtaku Jimbaran Tanggung Jawab Produsen pada Kemasannya

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 08:21 WIB
Prinsip zero waste to landfill juga dapat dicapai melalui penerapan teknologi RDF (refuse derived...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya