Minggu 19 September 2021, 07:45 WIB

KM Sirimau Tidak Berlayar, 80 Ton Bawang Merah Terancam Busuk di Kupang

Palce Amalo | Nusantara
KM Sirimau Tidak Berlayar, 80 Ton Bawang Merah Terancam Busuk di Kupang

Antara
Ilustrasi: Puluhan ton bawang merah terancam busuk di Kupang, NTT tidak terangkut karena KM Sirimau dijadikan isoter Covid-19.

 

SEKITAR 60 hingga 80 ton bawang merah menumpuk di gudang petani di Pulau Semau, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, setelah KM Sirimau yang melayari rute Kupang-Papua dialihkan menjadi tempat isolasi terpusat covid-19.

Petrus Tausbele, petani di asal Pulau Semau mengatakan, KM Sirimau tidak berlayar sejak Juli 2021. "Setiap bulan, saya membawa bawang merah ke Papua untuk dipasarkan di sana," kata Petrus, kepada wartawan, Minggu (19/9).

Tetapi sejak kapal tidak beroperasi, terpaksa bawang disimpan di gudang. Petani belum bersedia memasarkan bawang ke pasar tradisional di Kota Kupang karena harga jual yang dinilai rendah jika dibandingkan harga jual bawang di Papua.

Saat ini, harga jual bawang merah di Pasar Tradisional Kasih, Kelurahan Naikoten 1 Kupang mencapai Rp20 ribu per kilogram.

Menurutnya, bawang yang menumpuk tersebut juga berasal dari petani lainnya, yang dibeli dengan harga Rp13 ribu per kilogram. Petani NTT rutin memasok hasil pertanian ke Papua karena harga jual di sana lebih tinggi daripada dipasarkan di Kupang. Dia menyebutkan, saat ini harga jual bawang di pasar cenderung turun akibat hasil panen bawang melimpah di petani.

Namun, Petrus setuju dengan dialihkannya KM Sirimau menjadi isolasi terpusat covid-19. Bagi Dia, kebijakan itu sangat tepat agar Indonesia segera keluar dari pandemi covid-19. "Kebijakan itu merupakan  bagian dari menjalankan amanat presiden dalam memutus rantai covid-19 agar masyarakat tidak lagi terpapar, tapi harus ada juga solusi penggantinya," kata dia. (OL-13)

Baca Juga: Satgas TNI Salurkan Bantuan Perlengkapan Sekolah di Perbatasan

 

Baca Juga

Antara

Nahdliyin Kini Miliki Media Sosial NUCHAT

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Oktober 2021, 21:00 WIB
Ketua Umum PBNU Kiai Said Aqil Siradj mengatakan hadirnya aplikasi tersebut menjadikan tolok ukur kemajuan bagi NU di tengah era serba...
MI/Dwi Apriani

BPJamsostek Sumbagsel Dampingi Atlet yang Cidera saat PON XX Papua

👤Dwi Apriani 🕔Senin 25 Oktober 2021, 20:40 WIB
Deputi Direktur Wilayah BPJamsostek Kanwil Sumbagsel, Surya Rizal menjelaskan pihaknya akan proaktif menjalin koordinasi dan melakukan...
MI/CRI CANON RIA DEWI

Dua Kandidat Berebut Kursi Ketua Demokrat Lampung

👤Cri Canon Ria Dewi 🕔Senin 25 Oktober 2021, 20:30 WIB
 M Ridho Ficardo, mantan Gubernur Lampung akan bersaing dengan Edi Irawan Arif, adik kandung Andy...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Proyek Strategis Terus Melaju

Pemerintah perlu melakukan berbagai langkah extraordinary agar realisasi PSN dapat berjalan lebih maksimal.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya