Jumat 27 Agustus 2021, 23:30 WIB

Jumlah Rukun Tetangga Zona Hijau di Yogyakarta Meningkat

Mediaindonesia.com | Nusantara
Jumlah Rukun Tetangga Zona Hijau di Yogyakarta Meningkat

Antara
Salah satu kawasan wisata DIY.

 

Jumlah rukun tetangga (RT) di Kota Yogyakarta yang saat ini berstatus zona hijau atau tidak ada kasus positif COVID-19, mengalami kenaikan jika dibanding pertengahan Agustus, yaitu menjadi sekitar 86 persen dari sebelumnya 76 persen.

“Meskipun naik, tetapi belum kembali seperti kondisi pada Juni yang bisa mencapai 94 persen atau lebih,” kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Jumat (27/8).

Sedangkan untuk RT berstatus zona kuning, terdapat kasus positif COVID-19 di maksimal dua rumah, tercatat 13,10 persen atau 332 RT, dan RT berstatus zona oranye, terdapat kasus positif tersebar di tiga hingga lima rumah, tersebar di 15 RT atau 0,59 persen. “Saat ini, tidak ada RT yang berstatus zona merah,” katanya.

Penambahan jumlah RT berstatus zona hijau tersebut seiring dengan meningkatnya jumlah pasien yang dinyatakan sembuh. Dalam beberapa hari terakhir, jumlah pasien sembuh sudah lebih banyak dibanding temuan kasus terkonfirmasi positif.

Penambahan pasien sembuh yang cukup signifikan terjadi pada Kamis (26/8) dengan total 558 pasien, sedangkan pasien terkonfirmasi positif tercatat 56 orang. “Ini merupakan angka akumulasi kesembuhan yang cukup banyak. Sebelumnya, kecenderungan penambahan kasus sembuh berjalan lebih lambat jika dibanding kecepatan kenaikan kasus,” katanya.

Namun demikian, angka kematian pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Yogyakarta masih perlu ditekan agar tidak tinggi.

“Hampir seluruh pasien yang meninggal dunia mengalami komorbid meskipun sudah mendapat perawatan intensif,” katanya.

Dengan menurunnya jumlah kasus positif, kata Heroe, tingkat keterisian tempat tidur perawatan di rumah sakit rujukan juga mengalami penurunan. “Jadi, jika ada pasien dengan gejala berat, bisa langsung mendapat perawatan dan mengurangi risiko kematian,” katanya.

Saat ini, tingkat keterisian ruang perawatan intensif (ICU) tercatat sekitar 64,5 persen dan ruang perawatan isolasi 35,17 persen. (Ant/OL-12)

Baca Juga

MI/DJOKO SARDJONO

Kementerian Pertanian Targetkan Swasembada Kedelai pada 2026

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:50 WIB
Direktur Aneka Kacang dan Umbi (Akabi) Kementan RI, Yuristiyanto bersama Bupati Klaten Sri Mulyani melakukan panen raya kedelai di Desa...
MI/SUPARDJI RASBAN

Lanal Tegal Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Permukaan Laut

👤Supardji Rasban 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:50 WIB
Prajurit Lanal Tegal sebagai prajurit petarung siap menjaga keutuhan dan kedaulatan...
MI/JAMAAH

Bantu Petani, Wakil Ketua MPR RI Salurkan Pupuk Cair Gratis

👤Jamaah 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:45 WIB
Bantuan itu merupakan upaya Lestari Moerdijat ikut menjaga ketahanan pangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya