Jumat 13 Agustus 2021, 14:30 WIB

Geliat Tempat Wisata Baru Ciptakan Lapangan Kerja Baru

Dwi Apriani | Nusantara
Geliat Tempat Wisata Baru Ciptakan Lapangan Kerja Baru

MI/Dwi Apriani
Gubernur Sumsel Herman Deru saat meresmikan destinasi wisata baru Taman Bunga Jokis Palembang.

 

SEJUMLAH tempat wisata baru mulai bermunculan di Sumatra Selatan. Di antaranya Taman Ya Saman Cindo, Charming Palembang, dan terbaru dibuka Taman Bunga Jokis Palembang.

Selain memberikan pilihan kepada masyarakat untuk wisata, keberadaan destinasi ini juga menciptakan lapangan kerja baru di tengah pandemi seperti ini. Dan hal inilah yang didorong oleh pemerintah daerah.

Gubernur Sumsel Herman Deru saat meresmikan Taman Bunga Jokis Palembang mengapresiasi langkah para pengusaha yang terus berupaya menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat kendati di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Taman Bunga Jokis ini berada di Desa Kenten Laut Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. 

Menurutnya, upaya yang dilakukan para pengusaha ini merupakan bentuk tanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakat. "Kita apresiasi pengusaha yang menciptakan destinasi wisata ini. Disaat berbagai perusahaan besar memutuskan hubungan kerja karyawannya, mereka ini justru membuat lapangan kerja baru melalui usaha ini," kata Herman Deru, Jumat (13/8).

Dia mengatakan, taman bunga ini bukan hanya dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai sarana untuk mencari rezeki namun juga meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Bahkan, dia juga mengajak agar para pengusaha lainnya dapat berlomba menciptakan lapangan kerja baru.

"Ini mendorong tumbuhnya sektor pariwisata di Sumsel. Selain lapangan kerja baru, mudah-mudaham upaya ini dapat meningkatkan PAD," terangnya.

Selain taman bunga, di lokasi destinasi wisata ini juga ada kolam renang. Ia berharap dapat menjadi sarana edukasi bagi masyarakat sehingga tumbuhnya bibit atlet baru olahraga renang.

"Kolam renang ini memang untuk rekreasi, namun dapat dijadikan masyarakat untuk belajar berenang. Menjadi sarana edukasi untuk masyarakat dan memantik keinginan untuk berprestasi dalam olahraga renang. Jaga terus keberlangsungan tempat ini agar lebih baik lagi," ujarnya.

Dia berpesan, agar pemilik terus menerapkan norma yang berlaku dan menjaga kearifal lokal Sumsel di kawasan rekreasi tersebut. "Tentu norma yang berlaku harus terus diterapkan juga disini. Selain itu, bawa juga kearifan lokal kita disini. Saya sebagai pemimpin daerah sangat berterima kasih karena pemilik telah mengambil sebagian peran pemerintah dalam memulihkan ekonomi," tuturnya.

Sementara itu, Pemilik Kolam Renang Lombok Kenten dan Taman Bunga Jokis, Atik Maryati mengatakan, dibuatnya tempat rekreasi tersebut merupakan bentuk komitmennya dalam memajukan pariwisata di Sumsel.

"Tempat ini kami buat untuk mengembangkan sektor pariwisata di Sumsel. Kami terus mendukung upaya pemerintah dalam menumbuhkan pariwisata ini," katanya.

Dia berharap, tempat rekreasi tersebut dapat menjadi icon wisata baru. "Mudah-mudahan ini dapat menjadi sektor pariwisata baru di Sumsel. Rekreasi ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk melepas penat," pungkasnya. (DW/OL-10)

Baca Juga

Dok. Ini Viie Hospitality

Aksari Villa Tawarkan Liburan Romantis di Seminyak

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 23:55 WIB
Mengusung Perfect Romantic Stay dengan tawaran villa satu kamar yang sudah dilengkapi kolam renag privat dan...
Dok. Pribadi

Pansus DPRD Dogiyai Bawa Aspirasi Rakyat Papua ke Jakarta, Salah Satunya Menolak Pemekaran Provinsi

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Selasa 24 Mei 2022, 23:30 WIB
"Selama ini banyak aksi demo di masyarakat tentu kami tampung dan muaranya pada tiga hal pokok itu. Masyarakat tolak kebijakan Otsus...
MI/DEPI GUNAWAN

Partai Gelora Libatkan Deddy Mizwar Kampanye di Jawa Barat

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 24 Mei 2022, 22:50 WIB
Setelah verrikasi parpol faktual selesai, Partai Gelora khususnya di Jawa Barat akan langsung turun ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya