Kamis 12 Agustus 2021, 11:32 WIB

Pemerintah Pusat dan Daerah Apresisasi Kontribusi Sosial Korindo Group

mediaindonesia.com | Nusantara
Pemerintah Pusat dan Daerah Apresisasi Kontribusi Sosial Korindo Group

Ist
Penandatangaan Pemkab Kotawaringan Barat dan PT KABS dalam mengatasi masalah kekurangan oksigen di Kotawaringin, Kalteng.

 

SEIRING dengan meningkatnya jumlah kasus Covid-19, sejumlah rumah sakit menghadapi penambahan jumlah pasien Covid-19. Dengan bertambahnya pasien Covid-19, kebutuhan oksigen pun mengalami lonjakan.

Persoalan kekurangan oksigen untuk pasien Covid-19 juga dihadapi beberapa rumah sakit di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng).

Namun berkat peran serta dan dukungan dari sejumlah pihak termasuk dari Korindo Group melalui PT Korindo Ariabima Sari (KABS) melalui program Corporate Social Contribution (CSC), dalam mengatasi masalah kekurangan oksigen.

Bantuan yang diberikan KABS telah mendapat apresiasi dari Pemkab Kobar. Bupati Kobar Nurhidayah menyampaikan terima kasih KABS yang membantu oksigen hasil produksinya ke masyarakat di Kobar maupun daerah lain di Kalimantan Tengah.

Bupati Kobar Nurhidayah mengatakan bahwa wilayah Kobar kini sedang mengalami kelangkaan oksigen sehingga bantuan dari KABS akan sangat berdampak signifikan.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada manajemen PT Korindo Aria Bimasari yang telah membantu dalam produksi oksigen,” ujar Nurhidayah pada keterangan pers, Kamis (12/8).

Nurhidayah menyebutkan, pihaknya bersama dengan Pemprov  Kalteng telah melakukan uji kelayakan oksigen produksi KABS dan hasilnya telah memenuhi kriteria. Kerja sama distribusi oksigen ini akan berlangsung selama tiga bulan mendatang.

Sebelumnya, pujian juga sempat disampaikan kepada PT Korintiga Hutani (KTH), bagian usaha Korindo Group yang beroperasi dalam bidang kehutanan di Kalimantan Tengah.

Pemkab Kobar menyampaikan apresiasi atas pembangunan jalan penghubung antara Desa Nanga Mua dengan Kelurahan Pangkut. Pembangunan ini merupakan konsorsium yang dikerjakan KTH untuk memudahkan lalu lintas masyarakat maupun barang.

Apresiasi lain datang dari Pemprov  DKI Jakarta. Pemprov DKI menilai, bantuan dan bimbingan budidaya lele yang pernah dikembangkan Korindo di daerah Jakarta Selatan dengan menggaet kelompok lanjut usia (lansia) memberikan dampak positif serta masif. Khususnya dalam menyediakan wadah agar para lansia bisa melakukan kegiatan produktif.

Pada dua tahun lalu, Korindo melalui Yayasan Korindo bahkan mendapatkan penghargaan Padmamitra+ Awards atas program urban farming di Pengadegan, Jakarta Selatan. Dalam penghargaan tersebut, Yayasan Korindo memperoleh penghargaan pada kategori ‘Program Sosial yang Memberikan Dampak Berkelanjutan’.

Padmamitra+ Awards diberikan untuk perusahaan yang sudah ikut andil dalam membangun Jakarta melalui kegiatan tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility/CSR). Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Bersama Forum CSR DKI Jakarta, kita akan terus berkolaborasi dan bersinergi agar Jakarta bisa maju kotanya dan bahagia warganya,” tuturnya, saat itu.

Apresiasi turut datang dari Bogor. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memberikan piagam penghargaan untuk Yayasan Korindo sebagai pelaku tanggung jawab sosial dan lingkungan yang telah berperan dalam pembangunan di Kabupaten Bogor periode 2019-2020.

Piagam ditujukan untuk program pembangunan Hutan Kota Pakansari, Cibinong. Di atas lahan seluas dua hektare (ha), Korindo ‘menyulap’ area kosong tak terpakai menjadi ruang terbuka hijau yang rindang ditanami pohon Eucalyptus deglupta.

Berkolaborasi dengan Pemkab Bogor, Korindo mulai membangun dan mengelola Hutan Kota Pakansari sejak 2019. Pada 2022, Korindo akan menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah untuk dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi ataupun olahraga masyarakat setempat.

Meski sudah mendapatkan rangkaian apresiasi dan pujian, Korindo tidak akan berhenti untuk memberikan kontribusi sosial.

“Pencapaian ini justru membuat kami semangat untuk semakin aktif, gencar dan luas dalam melaksanakan CSC yang berdampak lebih signifikan untuk banyak pihak,” ucap Sekretaris Jenderal Yayasan Korindo Seo Jeong Sik.

Salah satu tindak lanjut yang dilakukan adalah rencana pembangunan hutan kota di lahan bekas Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Pondok Rajeg, Bogor. Saat ini, Divisi Afforestation Korindo sedang melakukan uji kelayakan untuk memastikan kesesuaian tanaman yang akan ditanam dengan karakteristik lahan.

Komitmen Korindo untuk memberikan kontribusi terhadap masyarakat, lingkungan dan pemerintah melalui CSC telah dijalankan selama lebih dari 50 tahun perusahaan menjalankan kegiatan ekonomi di Indonesia. Program ini menyentuh lima pilar, yakni pendidikan, kesehatan, lingkungan, infrastruktur hingga ekonomi. (RO/OL-09)

 

 

 

Baca Juga

DOK  MI

Longsor Di Sibolangit Tewaskan Empat Orang

👤Widhoroso 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 00:07 WIB
EMPAT orang dilaporkan meninggal dunia akibat longsor di jalur Medan-Berastagi, tepatnya di kawasan tikungan PDAM Tirtanadi, Sibolangit,...
Ist

Bantu Kesejahteraan Warga, Civitas UP Tanam Empon di Kawasan Eko Wisata

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 22:41 WIB
Universitas Pancasila (UP) melakukan penanaman bibit empon-empon  di Kawasan Lembah Cisadane, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu...
Ist

Kementan Genjot Kesejahteraan Kelompok Wanita Tani di Sulsel 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 22:20 WIB
Kegiatan pemberdayaan kelompok wanita tani (KWT) yang sudah dilaksanakan, selain bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya