Selasa 10 Agustus 2021, 23:40 WIB

Stok Tabung Oksigen di Kalimantan Selatan Menipis

Mediaindonesia.com | Nusantara
Stok Tabung Oksigen di Kalimantan Selatan Menipis

MI/Adam Dwi
Ilustrasi

 

Stok tabung oksigen dan ruangan untuk pasien terpapar virus corona atau COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, semakin menipis.

"Saat ini kita hanya memiliki stok tabung oksigen sebanyak 50 tabung dan ketersediaannya semakin menipis," kata Bupati Balangan sekaligus Ketua Satgas COVID-19 Abdul Hadi di Paringin, Selasa (10/8).

Agar tidak sampai terjadi kekosongan, pihaknya perlu menambah sedikitnya 50 tabung oksigen untuk pasien COVID-19 yang dirawat di RSUD Balangan.

Sementara untuk ketersediaan ruangan, bebernya, sudah nyaris penuh juga. Sampai saat ini kapasitas ruangan untuk pasien COVID-19 RSUD Balangan telah terisi sebanyak 89 persen, yang artinya hanya tersisa 11 persen lagi.

"Berdasarkan data di lapangan saat ini pasien isolasi mandiri sudah mencapai 111 pasien, dirawat di rumah sakit sebanyak 51 orang. Oleh karena itu Balangan bisa disebut darurat COVID-19," jelas dia.

Dia mengaku akan melakukan rekrutmen tenaga kesehatan jika terjadi lonjakan yang besar COVID-19 di Kabupaten Balangan. Dikarenakan saat ini sekitar 60 tenaga kesehatan di Balangan yang terpapar COVID-19.

Sedangkan peti pemakaman korban COVID-19 sendiri telah disiapkan, dan hanya tersisa lima peti, perlu ditambah lagi sekitar 40 peti mati untuk korban yang terpapar COVID-19.

Selain itu dia menuturkan, untuk mengantisipasi lonjakan yang besar pihaknya telah menyiapkan dua gedung, untuk isolasi pasien COVID-19, yaitu di gedung BLK Disnakertrans Balangan dan di gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Balangan. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Antara

Belum Semua Objek Wisata di DIY Dibuka Lagi, Ini Alasanya

👤Ardi T Hardi 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 21:09 WIB
WALAPUN Provinsi DIY sudah memasuki PPKM level 2, belum semua tempat wisata boleh...
Ant/Iggoy El Fitra

PPKM Kota Padang Turun Level 2, Vaksinasi Covid Jalan Terus

👤Yose Hendra 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 20:40 WIB
PEMERINTAH pusat menetapkan status PPKM Kota Padang turun dari level 4 menjadi level...
Antara

Konsesi Diserobot Penambang Ilegal, Anzawara Satria Lapor Polisi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 20:35 WIB
KONSESI pertambangan batu bara milik PT Anzawara Satria di Angsana, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, diserobot penambang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya