Sabtu 07 Agustus 2021, 11:05 WIB

Tingkatkan Herd Immunitty, Dinas Kesehatan Terima 1.000 Vial Vaksin Astra Zeneca

Kristiadi | Nusantara
Tingkatkan Herd Immunitty, Dinas Kesehatan Terima 1.000 Vial Vaksin Astra Zeneca

AFP
Vaksin Astra Zeneca.

 

PEMERINTAH Kota Tasikmalaya melalui Dinas Kesehatan menerima 1.000 vial vaksin Astra Zeneca yang akan digunakan untuk mengejar target meningkatkan herd immunity kepada masyarakat Kota Tasikmalaya. Pelaksanaan tersebut, akan dilakukan dalam jarak 3 bulan sampai suntikan kedua dengan sasaran 1.000 orang per hari.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Asep Hendra Hendriyana mengatakan, untuk meningkatkan daya tahan tubuh bagi masyarakat sekarang ini kembali menerima 1.000 vial vaksin Astra Zeneca dan pelaksanaan sendiri akan dilakukan di sentra vaksinasi pada Kamis, Senin, dan Rabu (12, 16, 18/8). Namun, vaksinasi akan dilakukan terhadap usia 18 tahun ke atas dan tidak untuk usia remaja.

"Kami juga masih memiliki vaksin sinovac dari Polres Tasikmalaya Kota berjumlah 1.500 vial dan akan diberikan kepada warga terutama di tahapan kedua. Karena, selama ini memang Dinas Kesehatan sudah mengajukan kepada Kemenkes sebanyak 5.000 vial dengan target sasaran 560.243 orang, tetapi dengan adanya vaksin Astra Zeneca bisa membantu terutama mengurangi jumlah sasaran," katanya, Sabtu (7/8/2021).

Asep mengatakan, pelaksanaan vaksinasi di Kota Tasikmalaya sendiri memang dilakukan beberapa unsur dari TNI AU, Polri, Kodim 0216 Tasikmalaya hingga antusias masyarakat juga tinggi untuk melakukan vaksinasi tapi kondisi vaksin di Dinas Kesehatan mengalami kosong dan baru sekarang menerima 1.000 vial vaksin diperuntukkan bagi masyarakat. Namun, bagi ibu hamil juga menjadi target sasaran 3.862 orang tapi sekarang ini masih fokus terhadap lansia karena baru mencapai 19,64%.

"Kami akan terus melakukan vaksinasi kepada lansia untuk memenuhi target sasaran 58.522 orang dan yang telah menerima vaksin tahap pertama 11.491 orang dan tahap keduanya itu 8.326 atau 14,23%. Para lansia selama ini sangat rentan tertular virus korona, karena angka kematian paling tinggi 120 orang belum divaksin selama melakukan PPKM darurat dan PPKM level 4 termasuk usia produktif berumur 20-59 tahun," ujarnya.

Menurutnya, pemerintah Kota Tasikmalaya sekarang ini telah menerima bantuan kiriman 1.000 vial vaksin Astra Zeneca akan langsung digunakan di sentra vaksinasi dengan jarak 3 bulan sampai masyarakat menerima suntikan kedua. Namun, adanya bantuan tersebut bisa digunakan bagi umum di atas usia 18 tahun agar target akhir bulan Desember tuntas dan masyarakat bisa kembali melakukan usahanya secara normal.

"Untuk pengajuan 5.000 vial yang dilakukan Dinas Kesehatan sekarang masih menunggu turun dari Provinsi Jabar, meski telah diajukan ke Kemenkes dan itu tidak bisa langsung akan tetapi dengan keterlambatan tersebut sejauh ini untuk pencapaian herd immunity pada akhir Desember 2021 terhambat. Kami, tetap akan berupaya untuk meningkatkan pencapaian itu tapi bagi masyarakat setelah divaksin harus menerapkan protokol kesehatan," paparnya. (AD/OL-10)

Baca Juga

MI/SOLMI

Polres Bungo Himpun Donasi untuk Korban Semeru

👤Solmi 🕔Senin 06 Desember 2021, 22:20 WIB
Donasi dikumpulkan secara internal dari anggota dan...
MI/WIDJAJADI

Teten Yakin Ekonomi Digital Indonesia Menjadi yang Terbesar di ASEAN pada 2025

👤Widjajadi 🕔Senin 06 Desember 2021, 22:10 WIB
Industri digital pada masa pandemi covid-19 telah melahirkan transformasi...
ANTARA/Novrian Arbi

Apindo Jawa Barat Berharap Buruh tidak Mogok Kerja

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 06 Desember 2021, 22:05 WIB
 Sudah banyak perusahaan yang menderita dan berusaha bertahan di tengah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya