Kamis 29 Juli 2021, 22:15 WIB

Pemprov Gorontalo Dorong Petani Budidayakan Porang

Mediaindonesia.com | Nusantara
Pemprov Gorontalo Dorong Petani Budidayakan Porang

ANTARA/Fikri Ali
Umbi porang.

 

Pemerintah Provinsi Gorontalo mendorong petani di daerah itu untuk membudidayakan porang, yaitu jenis tanaman umbi sebagai sumber karbohidrat dan energi yang sehat pengganti beras.

"Budidaya porang ini merupakan inovasi dan terobosan, yang dapat memberi nilai tambah bagi para petani dalam meningkatkan kesejahteraannya," kata Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim pada Bimbingan Teknis Sertifikasi Benih Porang yang digelar oleh Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo di Kecamatan Dungaliyo, Kabupaten Gorontalo, Kamis (29/7).

Menurut Wagub Gorontalo, hal itu sejalan dengan upaya Kementerian Pertanian RI yang sudah menetapkan porang dan sarang burung walet sebagai komoditas super prioritas, untuk meningkatkan nilai ekspor pertanian.

Idris Rahim juga mengemukakan bahwa saat ini porang merupakan komoditas ekspor dengan negara tujuan seperti Jepang, China, Australia, dan Vietnam. ekspor porang dari Indonesia pada tahun 2020 sebanyak 32.000 ton, dengan nilai ekspor mencapai Rp1,42 triliun, atau meningkat 160 persen dari nilai ekspor tahun 2019.

Tanaman yang memiliki nama latin Amorphophallus muelleri ini diolah menjadi tepung untuk bahan baku industri kosmetik, pengental, lem, hingga mie ramen. "Peserta bimtek ini harus menjadi pionir pengembangan porang di Gorontalo. Pelajari dengan benar cara menanamnya dan merawat," kata Wagub.

Bimtek sertifikasi benih yang diikuti oleh 25 peserta tersebut, bertujuan untuk menjamin kualitas benih porang yang ditanam oleh petani.

Berdasarkan data Dinas Pertanian, budidaya tanaman porang di Gorontalo saat ini sudah mencapai 20 hektare. Budidaya itu tersebar di Kabupaten Gorontalo seluas enam hektare, Gorontalo Utara enam hektare, serta Pohuwato dan Boalemo masing-masing empat hektare. (Ant/OL-12)

Baca Juga

dok.jejakrekam.com

Jembatan Lengkung Sei Alalak 1 Banjarmasin Mulai Difungsikan untuk Umum

👤Denny S Ainan 🕔Senin 27 September 2021, 07:40 WIB
JEMBATAN lengkung Sei Alalak 1 Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan mulai difungsikan untuk masyarakat...
 M/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE)

Harga Telur dan Ayam Potong di Aceh Turun

👤Amiruddin AR 🕔Senin 27 September 2021, 06:45 WIB
HARGA  telur dan ayam potong di pasaran lokal Aceh sejak dua pekan terakhir turun. Sementara stok...
Ant/dok-Pendam XVII

Satgas TNI Layani Vaksinasi Warga di Perbatasan RI-PNG

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 September 2021, 06:25 WIB
TIM Kesehatan Satgas TNI Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Pos Kotis memberikan pelayanan vaksinasi untuk warga perbatasan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Meretas Asa Jadi Pusat Ekonomi Syariah

Potensi besar hanya akan tetap menjadi potensi bila tidak ada langkah nyata untuk mewujudkannya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya