Kamis 29 Juli 2021, 21:30 WIB

Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Kehabisan Vaksin Covid-19

Agus Utantoro | Nusantara
Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Kehabisan Vaksin Covid-19

MI/Agus Utantoro.
Vaksinasi di Sleman.

 

DINAS Kesehatan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengalami kehabisan stok vaksin covid-19. Vaksin yang ada di UPT POAK (Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengelolaan Obat dan Alat Kesehatan) Dinkes Sleman tinggal 200 dosis dan yang ada di fasilitas kesehatan sekitar 12.000 dosis.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, dr Joko Hastarya, Kamis (29/7), mengatakan hal itu. Kebutuhan di Sleman sendiri, dengan gencarnya vaksinasi dan tingginya minat masyarakat untuk divaksinasi memerlukan sekurangnya 6.000 dosis vaksin per hari. "Artinya, kalau hari ini tidak ada dropping atau kiriman vaksin, Jumat atau Sabtu kami akan menghentikan vaksinasi," katanya.

Baca juga: Kota Malang Kehabisan Stok Vaksin Covid-19

Joko berharap pemerintah pusat segera mengirimkan dosis tambahan sehingga pelaksanaan vaksinasi bisa terus berlanjut. Tak hanya vaksin yang habis, Joko juga mengemukakan, saat ini obat-obatan dan vitamin untuk pasien covid-19 juga menipis. "Antibiotik juga tinggal sedikit," katanya. 

Kasus covid-19 di Kabupaten Sleman saat ini masih fluktuatif. Bahkan, ujarnya, dalam tiga hari terakhir masih mengalami kenaikan. "Belakangan cenderung agak naik dari Senin 285, Selasa 332, dan Rabu 386 kasus," katanya.

Baca juga: Kosong, Stok Vaksin Covid-19 di Kabupaten Seluma Bengkulu

Namun secara mingguan sudah ada kecenderungan menurun walaupun belum menukik tajam. Di sisi lain, kata Joko, perkembangan kesembuhan bertambah cukup lumayan di angka 326 pada Selasa dan 623 pada Rabu. Namun kematian juga bertambah, di angka 14 untuk Selasa dan Rabu naik menjadi 29. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/JOKO SULISTYO

BMKG DIY: Waspada Hujan Sedang-Lebat dan Angin Kencang

👤Agus Utantoro 🕔Minggu 26 September 2021, 10:33 WIB
Hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai angin kencang, petir atau kilat dapat terjadi di wilayah Sleman dan Kulonprogo...
Dok.Polri

Tiba di Oksibil, Pengungsi Kiwirok Diberikan Trauma Healing 

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 26 September 2021, 10:27 WIB
Trauma Healing tersebut dibuka dengan Doa bersama dan diteruskan dengan Permainan yang menghibur...
Antara/Kornelis Kaha.

Warga Takut Vaksinasi, Bidan Desa di Lembata Datangi Kebun-Kebun

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 10:20 WIB
Warga penyintas badai Seroja di Lembata itu mengaku takut efek dari vaksin Astrazeneca yang diisukan akan berdampak buruk bagi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya