Minggu 11 Juli 2021, 11:05 WIB

Kabupaten Malang Kembangkan Desa Pancasila Tangkal Pandemi dan Radikalisme

Bagus Suryo | Nusantara
Kabupaten Malang Kembangkan Desa Pancasila Tangkal Pandemi dan Radikalisme

Antara
REPLIKA BURUNG GARUDA.

 

SEJUMLAH desa tematik berbasis Desa Pancasila di Kabupaten Malang, Jawa Timur, memperkuat budaya gotong royong lintas desa bersama menangani pandemi covid-19.

Toleransi antarumat beragama yang menguat di desa-desa itu menciptakan situasi aman dan damai. Sekaligus menyatukan masyarakat menangkal radikalisme dan terorisme sampai pelosok dusun.

"Kami bersama masyarakat terus memperkuat goyong royong, toleransi, mengembangkan nilai-nilai Pancasila di desa-desa," tegas Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang Abdul Qodir, Minggu (11/7).

Ia menjelaskan penguatan sumber daya manusia menyatu dalam program edukasi tata kelola pemerintaan, berbangsa dan bernegara. Dalam hal ini PDIP bersama masyarakat saling menguatkan untuk bergotong royong membantu pemerintah menangani pandemi. Unggulan desa mulai pertanian, peternakan, UMKM dan pariwisata akan terus dikembangkan menjadi bagian pemulihan ekonomi.

Nantinya, PDIP terus mengawal pembangunan di desa-desa. Pasalnya, Kabupaten Malang memiliki potensi besar di mana kehidupan masyarakatnya damai dalam semangat gotong royong.

"Ini semua gambaran nyata, bahwa nilai-nilai Pancasila sangat kental diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat pedesaan di Kabupaten Malang," tuturnya.

Bahkan, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang lewat DPP juga sudah mengusulkan kepada pemerintah pusat terkait pengembangan desa-desa Pancasila sebagai desa percontohan nasional. Praktik terbaik itu akan dikaitkan dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Kini, sudah terseleksi 110 desa dari 378 desa yang mengikuti lomba film pendek Desa Pancasila. "Melalui program itu sudah membantu promosi desa, ke depannya memperkuat one village one destination, one village one product," pungkasnya. (BN/OL-10)
 

Baca Juga

MI/Benny B

Pemkot Sukabumi Komitmen Penuhi Indikator Kota Layak Anak

👤Benny Bastiandy 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 12:06 WIB
"Kami berharap verifikasi dokumen yang sebelumnya sudah diserahkan terdiri dari 24 indikator dan 5 kluster bisa berjalan dengan...
MI/Amiruddin Abdullah Reubee

USK dan Pemkab Aceh Selatan Kerja Sama Peta Risiko Bencana

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 09:16 WIB
"Dokumen Kajian Risiko Bencana (KRB) Banjir Aceh Selatan yang akan dibuat ini sepenuhnya untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat...
MI/Seno

Penanganan Stunting Jadi Prioritas Pemprov Kalsel

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:41 WIB
Berdasarkan data hasil Studi Status Gizi Indonesia pada 2021, prevalensi stunting di Kalsel mencapai 33,08% atau berada pada urutan 6...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya