Minggu 04 Juli 2021, 15:32 WIB

Bantuan Datang, Oksigen di RSUP Sardjito Aman Sampai Lima Hari

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Bantuan Datang, Oksigen di RSUP Sardjito Aman Sampai Lima Hari

ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
Sejumlah pasien menjalani perawatan di tenda barak yang dijadikan ruang IGD RSUP Dr Sardjito, Sleman, DIYogyakarta, Minggu (4/7/2021).

 

KETERSEDIAAN oksigen di RSUP Dr Sardjito Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) aman setelah mendapat bantuan dari Kementerian Kesehatan sebanyak 8 ton oksigen. Bantuan itu tiba Minggu (4/7) dini hari pukul 03.00 WIB yang didatangkan dari Kendal, Jawa Tengah.

Kepala Bagian Hukum Organisasi dan Humas RSUP Sardjito, Banu Hermawan mengatakan oksigen yang ada saat ini diperkirakan bisa bertahan hingga Senin (5/7).

"Hari ini kami akan mendapat pasokan oksigen dari Gresik sebanyak 12 ton. Dengan stok tersebut diperkirakan ketersediaan oksigen sentral di RS Sardjito bisa bertahan hingga lima hari ke depan," kata Banu, Minggu (4/7).

Pernyataan Banu menjawab adanya kekosongan oksigen di RS Sardjito seiring dengan melonjaknya kasus Covid-19. Ia mencatat, sejak oksigen sentral habis, ada 33 pasien yang meninggal dunia. Namun, pasien-pasien tersebut dalam kondisi tersuplai oksigen dari tabung oksigen "Mereka tak tertolong karena memang kondisinya sudah berat atau masalah klinis," jelas Banu.

baca juga: RSUP Dr Sardjito Sempat Kehabisan Oksigen Cair

Sebelumnya Direktur Umum RSUP Sardjito, Rukmono Siswishanto mengungkapkan bahwa pasien yang meninggal bukan karena kehabisan oksigen, melainkan kondisi pasien sudah cukup berat sehingga tidak tertolong.

"Meninggalnya (pasien) bukan karena (kehabisan) oksigen, tapi karena (kondisi pasien) berat-berat. Memang kita fokuskan di Sardjito kasus yang berat (sehingga) tingkat kematiannya memang tinggi," jelas dia.(N-1)

Baca Juga

Dok, Pribadi

DPRD Maluku Minta RUU Daerah Kepulauan Segera Direalisasikan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 23:52 WIB
Menurut dia, setiap anggaran yang dikucurkan kepada Maluku, selalu mengacu pada luas daratan. Padahal, Maluku adalah provinsi yang berbasis...
DOK/ASTRA INTERNASIONAL

Optimalkan Pertanian Kopi, Universitas Jember dan Astra Dampingi Sekolah Kopi

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 08 Agustus 2022, 23:35 WIB
Sekolah kopi ini merupakan badan usaha milik desa (BUM-Des) yang dibiayai oleh PT Astra serta didampingi oleh Lembaga Penelitian dan...
DOK/ASTRA INTERNASIONAL

Didukung Pemda dan Astra, Petani Ponorogo Ekspor 300 Ton Rempah-Rempah

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 08 Agustus 2022, 23:25 WIB
Setelah mengekspor 50 ton temulawak dan kunyit pada Maret 2022, Senin (8/8), sebanyak 300 ton komoditas serupa ditambah jahe dan pinang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya