Kamis 24 Juni 2021, 12:30 WIB

Polres Trenggalek dan Forkopimda Gelar Vaksinasi Berhadiah Kambing

mediaindonesia.com | Nusantara
Polres Trenggalek dan Forkopimda Gelar Vaksinasi Berhadiah Kambing

dok.Polres Trenggalek
Gebyar vaksinasi Covid-19 yang diadakan Polres dan Forkopimda Kabupaten Trenggalek berhadiah kambing, Kamis (24/6)

 

BERAGAM upaya untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 dalam menghadapi pandemi Covid-19 terus digencarkan oleh Polres Trenggalek berkolaborasi dengan  Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat.

Salah satunya yakni dengan mengadakan gebyar vaksinasi Covid-19 berhadiah kambing . Langkah ini sebagai bagian dari sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19.

"Yang bisa dilakukan langkah-langkah selamatkan dari risiko, yaitu menjaga masyarakat jangan sampai tertular, mencegah laju penularan, kecepatan mengetahui kasus positif atau tidak, dan dilakukan vaksinasi," ujar Kapolri Jendral Listyo Sigit dalam kesempatan beberapa waktu lalu.

Menurut Kapolri, Forkompimda setempat harus bergerak cepat memaksimalkan 3T, yakni testing, tracing, dan treatment. 

Selain itu 5M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi juga harus dioptimalkan.

Polres Trenggalek bersama forkompimda menginisiasi Vaksinasi Massal Sebagai bentuk soliditas forkompimda atasi pandemi dimana wilayah Trenggalek menurut data terakhir BNPB Situasi Covid-19 Jawa Timur di zone oranye dengan resiko 2,19% terdampak positif. Angka ini membuat Trenggalek bertetangga dengan Ponorogo di zone merah dengan 1.77 terdampak positif.

Guna memaksimalkan penanganan pandemi, Presiden RI Jokowi Widodo telah menargetkan satu juta vaksinasi per hari. Suksesi vaksinasi tidak bisa dikerjakan sendirian oleh otoritas kesehatan mengingat keterbatasan tenaga kesehatan maupun vaksinator. 

Oleh sebab itu Soliditas TNI-Polri dan pemerintah kabupaten turut ambil bagian mensukseskan program vaksinasi tersebut. Wujud nyatanya adalah pelaksanaan vaksinasi massal oleh Forkompimda Trenggalek. Kegiatan ini juga didukung oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta.

Mendasari hal tersebut, Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.Si. Bupati Gus Ipin Dandim Letkol Arh Samson dan Kejari Ibu Darfiah menginisiasi vaksinasi massal bertajuk `Gebyar 1.500 Vaksinasi Massal` yang digelar serentak di tiga lokasi sekaligus yakni Pasar Pon Trenggalek, Pasar Bendorejo dan Lapangan Parkir wisata 360 Watulimo.

Uniknya, peserta vaksinasi berkesempatan meraih hadiah berupa 20 kambing dan 50 ekor ayam. Hal ini dilakukan untuk menarik minat masyarakat agar mau dan berkenan mengikuti vaksinasi sehingga memiliki kekebalan tubuh dan tidak mudah terpapar Covid-19.

“Iya benar, Gebyar vaksinasi massal dilaksanakan hari ini (24 Juni 2021) oleh Forkompimda Trenggalek didukung oleh Bapak Kapolda Jawa timur  mulai pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB sekaligus menyambut HUT ke-75 Bhayangkara” ujar AKBP Dwiasi Wiyatputera, Kamis (24/6/2021) dalam keterangan tertulisnya. 

Dalam vaksinasi yang terselenggara atas kerjasama Polda Jatim, Polres Trenggalek dan Dinkes Kabupaten Trenggalek ini, pihaknya menargetkan sedikitnya 1.500 vaksin dosis. Di Pasar Pon 900 dosis, sedangkan di Pasar Bendorejo dan Watulimo 300 dosis.

Dwiasi Wiyatputera menekankan untuk mencegah kerumunan maka vaksinasi digelar dengan cara drive thru. Demikian pula dengan lokasi dan tempat antrian telah di tata sedemikian rupa, pembagian waktu serta menempatkan sejumlah personel pengamanan untuk mengatur masyarakat yang hadir dan memastikan protokol kesehatan benar-benar dijalankan dengan baik.

Bagi masyarakat yang berminat mengikuti vaksinasi persyaratannya sangat mudah. Dalam keadaan sehat, sudah sarapan pagi, berusia diatas 18 tahun, membawa foto kopi KTP dan nomor handphone yang masih aktif dan bisa menerima SMS.

“Bagi yang berminat, silahkan datang ke tiga lokasi tersebut dan raih hadiahnya” ajak Dwiasi Wiyatputera.

“Mari bersama-sama kita sukseskan vaksinasi massal ini. demu Tangkal Pandemi, Jaga Galek Dengan Jaga Iman Imun Supaya Aman dengan  Vaksinasi Massal," pungkas Dwiasi. [OL-13)

Baca Juga

Antara

Pemkab Tasikmalaya Segera Bayar Insentif untuk Nakes

👤Kristiadi 🕔Minggu 25 Juli 2021, 17:30 WIB
Sebelumnya, para nakes yang menangani pasien covid-19 mempertanyakan keterlambatan pembayaran insentif hingga beberapa bulan...
Antara

Polisi Buka Penyekatan di 27 Exit Tol Jawa Tengah

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 25 Juli 2021, 17:15 WIB
Namun, Polda Jawa Tengah meminta masyarakat tetap mengurangi mobilitas. Sebab, masih ada penyekatan jalan di sejumlah wilayah Jawa...
Antara

Kang Emil Minta Tambahan Vaksin Covid-19 untuk Jabar

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 25 Juli 2021, 16:45 WIB
Menurutnya, dengan penduduk yang padat, wilayah Jawa Barat sangat rentan terhadap penyebaran covid-19. Sejauh ini, Jawa Barat baru memiliki...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pegasus Spyware, Senjata Pembungkam Wartawan

 Konsorsium media internasional bersama Amnesty International melaporkan lebih dari 50 ribu nomor telepon menjadi target spyware Pegasus.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya