Rabu 23 Juni 2021, 06:55 WIB

Warga Taput Mulai Paham Pentingnya Prokes saat Pandemi Covid -19

Januari Hutabarat | Nusantara
Warga Taput Mulai Paham Pentingnya Prokes saat Pandemi Covid -19

MI/Gabriel Langga
Anggota TNI ikut menyosialisasikan protokol kesehatan (prokes) untuk menekan penyebaran Covid-19.

 

SEMANGAT masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, berangsur pulih dengan turunya angka terkonfirmasi covid-19 di daerah itu, khususnya Kecamatan Garoga. Warga juga mulai memahami pentingnya menjalankan protokol kesehatan (prokes)

Tiorida Sormin (72) penduduk Kecamatan Garoga Rabu (23/6) mengaku semula cemas di tengah pandemi covid-19 yang terjadi di daerahnya. Beberapa upacara adat dan rencana perjalanan masyarakat setempat dibatalkan atau ditunda.

"Beberapa upacara adat harus dipersingkat bahkan ditiadakan akibat pandemi covid -19, persingkatan upacara adat tersebut memiliki nilai khas budaya Batak yang harusnya tidak perlu terjadi, namun akibat Pandemi -19 juga aturan protokol kesehatan harus di indahkan demi keselamatan bersama," ujar Tiorida.

Dirinya juga mengaku harus menggagalkan perjalananya keluar daerah dalam rangka upacara adat demi menekan penyebaran covid-19. Hal tersebut berdampak kepada nilai upacara adat yang sedang dilangsungkan oleh saudaranya diperantauan (luar daerah). Namun, itu bisa dimaklumi karena ada pandemi corona.

Untuk menutupi ketidak hadiranya dalam suatu upacara adat dimaksud, pihak keluarga diluar daerah harus mencari marga yang sama dengan dirinya demi jalanya upacara adat itu sendiri.

"Kami berharap pandemi covid-19 cepat berlalu dengan kekompakan masyarakat dalam hal pemutusan penularan dengan tidak bepergian keluar daerah serta penggunaan masker sesuai petunjuk petugas protokol kesehatan, katanya. (OL-13)

Baca Juga: Empat Kasus Kekerasan terhadap Pers Terjadi di Sumut Sebulan Terakhir

Baca Juga

MI/Adi Kristiadi

Pemkot Tasikmalaya Klaim Kasus Positif Covid Turun

👤Adi Kristiadi 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 09:50 WIB
PELAKSANAAN PPKM di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat selama dua kali perpanjangan diklaim efektif menekan penyebaran Covid-19. Hal itu terlihat...
MI/Tosiani

Pemkab Malang Berdayakan Penggilingan Padi Untuk Bansos Beras

👤Bagus Suryo 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 09:25 WIB
PEMERINTAH Kabupaten Malang, Jawa Timur, memberdayakan penggilingan padi untuk pengadaan beras bantuan sosial bagi warga terdampak...
dok.humas

Pemkab Jembrana Luncurkan Aplikasi Penyaluran Bansos agar Tepat Sasaran

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 09:13 WIB
PEMKAB Jembrana meluncurkan aplikasi terkait penyaluran bantuan sosial, I- BAN (Integrated Bansos/ Bansos Terintegrasi). Tujuannya untuk...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kenyang Janji dan Pasrah Menunggu Keajaiban

Sejak peristiwa gempa bumi disertai tsunami dan likuefaksi di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah hingga kini masih banyak warga terdampak bencana tinggal di hunian sementara.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya