Selasa 22 Juni 2021, 14:23 WIB

AJI Medan Duga Mara Salem Ditembak terkait Pemberitaan

Yoseph Pencawan | Nusantara
AJI Medan Duga Mara Salem Ditembak terkait Pemberitaan

DOK MI.
Ilustrasi.

 

ALIANSI Jurnalis Independen Kota Medan menduga penembakan yang dialami Mara Salem Harahap terkait dengan pemberitaan yang ditulis media massa besutannya. Pada Sabtu (19/6) dini hari, pemred salah satu media massa online di Sumut itu ditemukan bersimbah darah di dalam mobil yang dikendarainya.

Ketua AJI Medan Liston Damanik mengatakan, pihaknya sudah mendapat kepastian bahwa jurnalis yang akrab disapa Marsal Harahap itu tewas karena luka tembak. Ia ditemukan tidak jauh dari rumahnya di Huta VII, Nagori Karang Anyar, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun.

"Media online milik Marsal Harahap kerap memberitakan dugaan penyelewangan yang dilakukan pejabat BUMN," kata Liston, Selasa (22/6). Dari catatan AJI Medan, selain soal penyelewengan pejabat BUMN, media online yang dikelola Marsal juga kerap menyoal maraknya peredaran narkoba dan judi, khususnya di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun. Bisnis hiburan malam yang melanggar aturan juga tak jarang menjadi materi pemberitaan medianya.

Karena itu pihaknya mengecam tindakan yang dilakukan terhadap Marsal Harahap. Apapun alasan yang melatarinya, kekerasan dan aksi main hakim sendiri tidak dapat dibenarkan karena Indonesia merupakan negara yang berdasarkan hukum.

AJI Medan juga mendesak Polda Sumut dan Polres Simalungun mengungkap motif dan menangkap pelaku pembunuhan terhadap Marsal. Atas kejadian ini, pihaknya pun meminta semua elemen masyarakat agar mendukung kebebasan pers dan menggunakan mekanisme yang diatur oleh UU Pers dalam penyelesaian sengketa pers.

Listin juga mengatakan organisasinya meminta seluruh jurnalis di Sumut untuk mengedepankan profesionalisme dan mengutamakan keselamatan dalam menjalankan kerja-kerja jurnalistik. (OL-14)

Baca Juga

MI/Dok Humas Polresta Palangka Raya

Sambil Beri Edukasi Prokes, Polresta Palangka Raya Bagikan Masker Gratis

👤Surya Sriyanti 🕔Senin 02 Agustus 2021, 09:49 WIB
Berdasarkan Data Satgas Covid-19 Kalteng, Kota Palangka Raya menempati urutan tertinggi di Kalteng untuk jumlah pasien...
ANTARA/Fikri Yusuf

Jumlah Warga yang Telah Dapat Vaksin Covid-19 Dosis Kedua di Bali Hampir 1 Juta

👤Arnoldus Dhae 🕔Senin 02 Agustus 2021, 08:59 WIB
Gubernur Bali I Wayan Koster sesungguhnya membulatkan target penduduk di Bali yang akan divaksin sebanyak 3 juta orang dari total penduduk...
MI/Djoko Sardjono

Ratusan Pasien Covid-19 Klaten Dievakuasi ke Asrama Haji Donohudan

👤Djoko Sardjono 🕔Senin 02 Agustus 2021, 08:02 WIB
Evakuasi warga berstatus orang tanpa gejala (OTG) atau bergejala ringan ke Asrama Haji Donohudan itu merupakan pelaksanaan manajemen...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya