Selasa 22 Juni 2021, 14:23 WIB

AJI Medan Duga Mara Salem Ditembak terkait Pemberitaan

Yoseph Pencawan | Nusantara
AJI Medan Duga Mara Salem Ditembak terkait Pemberitaan

DOK MI.
Ilustrasi.

 

ALIANSI Jurnalis Independen Kota Medan menduga penembakan yang dialami Mara Salem Harahap terkait dengan pemberitaan yang ditulis media massa besutannya. Pada Sabtu (19/6) dini hari, pemred salah satu media massa online di Sumut itu ditemukan bersimbah darah di dalam mobil yang dikendarainya.

Ketua AJI Medan Liston Damanik mengatakan, pihaknya sudah mendapat kepastian bahwa jurnalis yang akrab disapa Marsal Harahap itu tewas karena luka tembak. Ia ditemukan tidak jauh dari rumahnya di Huta VII, Nagori Karang Anyar, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun.

"Media online milik Marsal Harahap kerap memberitakan dugaan penyelewangan yang dilakukan pejabat BUMN," kata Liston, Selasa (22/6). Dari catatan AJI Medan, selain soal penyelewengan pejabat BUMN, media online yang dikelola Marsal juga kerap menyoal maraknya peredaran narkoba dan judi, khususnya di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun. Bisnis hiburan malam yang melanggar aturan juga tak jarang menjadi materi pemberitaan medianya.

Karena itu pihaknya mengecam tindakan yang dilakukan terhadap Marsal Harahap. Apapun alasan yang melatarinya, kekerasan dan aksi main hakim sendiri tidak dapat dibenarkan karena Indonesia merupakan negara yang berdasarkan hukum.

AJI Medan juga mendesak Polda Sumut dan Polres Simalungun mengungkap motif dan menangkap pelaku pembunuhan terhadap Marsal. Atas kejadian ini, pihaknya pun meminta semua elemen masyarakat agar mendukung kebebasan pers dan menggunakan mekanisme yang diatur oleh UU Pers dalam penyelesaian sengketa pers.

Listin juga mengatakan organisasinya meminta seluruh jurnalis di Sumut untuk mengedepankan profesionalisme dan mengutamakan keselamatan dalam menjalankan kerja-kerja jurnalistik. (OL-14)

Baca Juga

MI/Haryanto

Buka Musda I Papdesi Jateng, Ganjar Ingatkan Jaga Integritas dan Kejujuran

👤Haryanto 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 07:15 WIB
KETUA Dewan Pembina Papdesi, Ganjar Pranowo menyampaikan pesan ke para kepala desa (kades) se-Jawa Tengah agar menjaga integritas dan...
MI/WIDJAJADI

Diklatsar UNS Telan Korban, Kapolresta Surakarta Menduga Ada Tindak Kekerasan

👤Widjajadi 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 22:55 WIB
Polisi menduga ada tindak kekerasan terhdap para peserta saat diklatsar...
MI/DJOKO SARDJONO

Produk Hasil Pertanian Klaten Layak Dijual di Pasar Ekspor

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 22:40 WIB
Klaten menggelar Bussines Matching dan Promosi Produk Unggulan Hasil...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Era Penuh Harapan di Dusun Bondan

Energi terbarukan mengangkat Dusun Bondan di Cilacap dari keterpurukan. Kini, warga selangkah lagi menggapai kesejahteraan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya