Senin 21 Juni 2021, 07:34 WIB

Listrik di Perbatasan RI-Timor Leste Sudah Menyala 24 Jam

Palce Amalo | Nusantara
Listrik di Perbatasan RI-Timor Leste Sudah Menyala 24 Jam

Dok: PT PLN IUW NTT
Petugas PLN berfoto di depan Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) Oepoli, Kecamatan Netemnanu Utara

 

SEBANYAK 845 keluarga yang bermukim di Oepoli, Kecamatan Netemnanu Utara, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), kini sudah menikmati listrik selama 24 jam.

Oepoli merupakan wilayah perbatasan Indonesia yang berbatasan dengan Oekusi, Timor Leste.

"PLN bersama seluruh tim datang dan mulai mengoperasikan sistem kelistrikan Oepoli yang awalnya 12 menjadi 24 jam penuh. Saya harap warga di Oepoli, tokoh masyarakat, perangkat desa dapat memanfaatkan energi listrik tersebut lebih produktif, sehingga perekonomian masyarakat Oepoli semakin meningkat," ucap General Manager PLN Unit Induk Wilayah (IUW) NTT Agustinus Jatmiko lewat keterangan tertulis yang diterima Media Indonesia, Senin (21/6).

Jatmiko mengatakan upaya keras PLN meningkatkan pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang terletak di Oepoli dengan mendatangkan satu unit mesin 160 kilo Watt (kW) dan 1 unit trafo dari Kota Kupang dengan waktu tempuh selama tujuh jam perjalanan.

"Daerah Oepoli terkenal dengan medan yang terjal dan sulit dijangkau karena harus melewati banyak sungai dan anak sungai," ungkap Jatmiko.

Baca juga: PLN Bangun Tiga PLTM Senilai Rp200 Miliar

Salah seorang tokoh masyarakat Desa Netemnanu Utara Andrea Mora bersyukur atas listrik yang dapat dinikmatinya tanpa henti sekarang.

"Puji Tuhan, kami masyarakat Kecamatan Amfoang Timur mengucapkan terima kasih yang berlipat ganda karena listrik di Oepoli sudah menyala 24 jam, kami tidak memberi apa-apa kepada PLN, tetapi kami haturkan dengan ucapan doa," tutur Mora.

Hingga kini, PLN terus berupaya agar seluruh wilayah NTT dapat menyala 24 jam sehingga mendorong peningkatan kehidupan ekonomi masyarakat.(OL-5)
 

Baca Juga

MI/Tosiani

Pemkab Malang Berdayakan Penggilingan Padi Untuk Bansos Beras

👤Bagus Suryo 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 09:25 WIB
PEMERINTAH Kabupaten Malang, Jawa Timur, memberdayakan penggilingan padi untuk pengadaan beras bantuan sosial bagi warga terdampak...
dok.humas

Pemkab Jembrana Luncurkan Aplikasi Penyaluran Bansos agar Tepat Sasaran

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 09:13 WIB
PEMKAB Jembrana meluncurkan aplikasi terkait penyaluran bantuan sosial, I- BAN (Integrated Bansos/ Bansos Terintegrasi). Tujuannya untuk...
MI/Adi Kristiadi

Pelanggan PDAM Tasikmalaya Berkurang Terimbas Pandemi Covid

👤Adi Kristiadi 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 08:58 WIB
RATUSAN pelanggan PDAM Tirta Sukapura di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya diputus karena tak mampu untuk membayar tagihan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kenyang Janji dan Pasrah Menunggu Keajaiban

Sejak peristiwa gempa bumi disertai tsunami dan likuefaksi di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah hingga kini masih banyak warga terdampak bencana tinggal di hunian sementara.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya