Minggu 13 Juni 2021, 09:00 WIB

Perhotelan di Jatim Sambut New Normal Dengan Sistem Digital

Heri Susetyo | Nusantara
Perhotelan di Jatim Sambut New Normal Dengan Sistem Digital

MI/Heri Susetyo
Hotel Information Technology Association (HITA) Jawa Timur siap mendukung new normal dengan konsep digitalisasi perhotelan.

 

HOTEL Information Technology Association (HITA) Jawa Timur siap mendukung upaya dunia usaha perhotelan dalam menyambut tatanan baru (new normal) di tengah kondisi pandemi covid-19.

Tatanan baru di masa pandemi ini harus dihadapi pelaku usaha dan karyawan demi kelangsungan hidup usaha perhotelan yang sempat terpuruk. Ribuan karyawan hotel dirumahkan, bahkan banyak hotel tutup atau dijual akibat tsunami covid-19 ini.

Hal ini dikatakan advisor HITA Indonesia Faisal Amir seusai acara pemilihan Ketua HITA Jatim di Surabaya, Sabtu malam (12/6). Muharom Rusdiana terpilih menjadi Ketua Hita Jatim mendapatkan 62% suara mengalahkan calon Lucky Arifianto dengan 38 suara.

Menurut Faisal, persaingan bisnis perhotelan yang ketat saat ini tidak hanya bergantung pada tataran harga, namun juga tidak terlepas dari fasilitas informasi dan teknologi (IT) pihak hotel. Sebab di era digital ini bisnis perhotelan sudah serba online yang membutuhkan perangkat lunak dan perangkat keras yang memadai serta operator yang andal.

"Ini tantangan bagi kita, hotel harus tetap berjalan, karena saat ini semua di era serba digital kita harus siap. Selain itu hotel harus tetap menerapkan protokol kesehatan ketat," kata Faisal.

baca juga: Jawa Timur

Bahkan ke depannya, kata Faisal, pelayanan maupun aktivitas operasional staf hotel juga diupayakan tanpa sentuh (touchless). Seperti absensi karyawan tidak lagi menggunakan sentuh sidik jari, melainkan dengan sistem touchless.

Demikian juga lift di hotel juga ke depannya tidak lagi sistem pencet tombol, melainkan juga menggunakan kartu. Bahkan fasilitas hand sanitiser di hotel-hotel saat ini sudah tidak pencet lagi, melainkan otomatis tanpa sentuh. Semua fasilitas seperti itu membutuhkan peran staf hotel di bagian IT. (N-1)

 

Baca Juga

Dok Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Bima Arya: Perlu Kolaborasi dan Peran Aktif untuk Bantu Warga

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 02:00 WIB
Bima Arya mengajak warga Kota Bogor dan semua pihak, untuk bersama-sama berikhtiar melakukan apa yang dapat dilakukan untuk meringankan...
ANTARA/Fikri Ali

Pemprov Gorontalo Dorong Petani Budidayakan Porang

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Juli 2021, 22:15 WIB
 Jenis tanaman umbi sebagai sumber karbohidrat dan energi yang sehat pengganti...
AFP/Nhac Nguyen.

Sumsel Terima Vaksin Moderna untuk Vaksinasi Ketiga Tenaga Kesehatan

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 29 Juli 2021, 21:44 WIB
Menurutnya, tenaga kesehatan sebagai garda terdepan yang berhadapan langsung dengan pasien covid-19 membutuhkan imunitas yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya