Kamis 10 Juni 2021, 14:57 WIB

Soal Penyekatan, Pemkab Malang Tunggu Perkembangan

Bagus Suryo | Nusantara
Soal Penyekatan, Pemkab Malang Tunggu Perkembangan

ANTARA
Pemkab Malang belum akan lakukan penyekatan terkait lonjakan kasus cobid-19 di Bangkalan, Madura.

 

PEMERINTAH Kabupaten Malang, Jawa Timur, belum memutuskan melakukan penyekatan guna membendung mobilitas warga luar daerah menyusul lonjakan kasus covid-19 di Bangkalan, Madura.

"Kita lihat perkembangannya nanti," tegas Bupati Malang Mochamad Sanusi, Kamis (10/6).

Sanusi menjelaskan sejauh ini kondisinya masih kondusif, sebab penanganan covid-19 sangat baik sesuai aturan dan protokol kesehatan. Menurut dia, penyekatan belum diperlukan ketika kondisinya aman dan  kondusif.

Situasi kondusif itu, lanjutnya, dibuktikan dengan penurunan signifikan kasus baru covid-19. "Saya mendapatkan laporan dari Dinas Kesehatan, penanganan covid-19 sudah bagus, tidak ada lonjakan kasus," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Malang Arbani Mukti Wibowo menyatakan Polres Malang tidak melakukan penyekatan. "Tidak ada penyekatan. Kami mengikuti kepolisian. Tenaga kesehatan akan membantu bila ada penyekatan lengkap dengan screening dan rapid antigen," kata Arbani.

Kondisi terkini penanganan covid-19 di Kabupaten Malang sudah menurunkan angka kasus baru di daerah setempat. Pasalnya data bed occupancy rate di rumah sakit mengalami penurunan dari sisi isolasi unit perawatan intensif (intensive care unit/ICU).

"Isolasi biasa tanpa ICU sebelum Idul Fitri diangka 20%-21%, sekarang 17%. Di isolasi ICU 45% sebelum Lebaran, sekarang 28%. Jadi turun drastis. Penambahan pasien tidak banyak di rumah sakit, lebih banyak isoman," tuturnya. (OL-15)

Baca Juga

Antara

Pembelian Beras Petani Bulog Sumut Mendekati 10 Ribu Ton

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 Juni 2021, 01:00 WIB
Dengan hampir mencapai 10.000 ton, pihaknya meyakini kuat bisa merealisasikan target pembelian pada tahun 2021 yang sebanyak 27.500...
MI/Dwi Apriani

Komitmen Cegah Karhutla, Polda Sumsel MoU dengan GAPKI dan APHI

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 23 Juni 2021, 23:59 WIB
"Dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini, diharapkan dapat menambah kesadaran pihak korporasi yang ada di Sumsel,'' ujar...
ANTARA

Polres Madina Gagalkan Pengiriman 36 Kg Ganja dan 6 Kg Sabu

👤Yoseph Pencawan 🕔Rabu 23 Juni 2021, 23:38 WIB
Dalam penindakan itu polisi pun meringkus tiga orang yang diduga terlibat dalam peredaran. Ketiganya berasal dari...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Diplomasi Jalur Rempah di Kancah Dunia

Perjalanan sejarah Indonesia terasa hambar tanpa aroma rempah. Warisan sosial, ekonomi, serta budaya dan ilmu pengetahuan itu kini dikemas dan disodorkan kepada dunia untuk diabadikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya