Rabu 09 Juni 2021, 15:12 WIB

PMI Solo Ketuk Jiwa Kemanusiaan Penyintas Covid-19 Donorkan Plasma

Widjajadi | Nusantara
PMI Solo Ketuk Jiwa Kemanusiaan Penyintas Covid-19 Donorkan Plasma

MI/Widjajadi
CEO PMI Kota Solo Sumartono Hadinoto bersama mantan Walikota FX Hadi Rudyatmo.

 

PALANG Merah Indonesia (PMI) Kota Solo terus mengupayakan donor plasma konvalesen yang makin sulit didapat. Terutama di tengah antrean pasien covid-19 yang membutuhkan transfusi plasma. Rata-rata per hari yang membutuhkan plasma mencapai 50 orang.

"PMI Kota Solo terus mengetuk kamanusiaan para eks pasien covid-19 untuk menjadi pendonor aktif plasma konvalesen, mengingat stok cepat habis. Sementara pasien covid-19 yang antri per hari mencapai 50 orang," tegas CEO PMI Solo, Sumartono Hadinoto menjawab Media Indonesia, Rabu (9/6).

Menurut aktivis kemanusiaan Kota Solo ini, stok plasma komvalesen PMI Kota makin kritis. Dan tiap hari hanya kisaran 4-5 eks pasien covid-19 yang menghibahkan atau menjadi donor.

Baca Juga: Begini Persyaratan untuk Menjadi Pendonor Plasma Konvalesen

Sejauh ini untuk mengatasi permintaan atau permohonan pasien covid-19 di RS yang membutuhkan transfusi plasma konvalesen, PMI mencoba berkoordinasi dengan PMI di Jakarta atau dari kota besar lain. Atau PMI yang memiliki stok mencukupi sesuai golongan darah yang dibutuhkan.

"Bukan hal mudah untuk mendapatkan plasma konvalesen dari daerah lain. Sebab PMI lain juga menerima permohonan yang sama. Plasma yang dibutuhkan sangat banyak dan sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Bisa dapat dari PMI lain, ya alhamdulillah dan puji Tuhan, karena akan mampu menolong," imbuh dia.

Karena itu, Sumartono sekali lagi mengucapkan banyak terima kasih pada para donatur plasma konvalesen yang bersedia aktif berdonor. Kesediaan dan ketulusan untuk kelanjutan menjadi donatur, sangat ditunggu.

Terpisah, Janjang Sumaryono Aji, politikus PDIP Kota Solo mengaku sudah dua kali menjadi donor plasma konvalesen di PMI Kota Solo. "Terakhir pada Senin (8/6) lalu. Mudah-mudahan teman-teman lain yang sekarang sudah sehat lagi bersedia menyumbangkan plasmanya demi kemanusiaan," papar Janjang.

Yang jelas sejak wabah covid-19 marebak di Indonesia, khususnya di Solo Raya, PMI Kota sudah lebih dari 3.000 plasma konvalesen disalurkan kepada para pasien covid-19 yang membutuhkan pertolongan. (WJ/OL-10)

Baca Juga

Dok MI

Gempa Bumi Bermagnitudo 5,2 Mengguncang Bengkulu

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 15 Juni 2021, 23:40 WIB
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa yang berpusat di laut tersebut tidak berpotensi...
PT KAI

PT KAI Bantah Buang Sampah ke Sungai Cisokan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 15 Juni 2021, 23:20 WIB
Saat itu karung yg semestinya dibawa tertinggal sehingga mereka berinisiatif untuk membuangnya di bantaran sungai jauh dari aliran...
Antara

Kawasan Kota Tua Padang Dipersolek

👤Yose Hendra 🕔Selasa 15 Juni 2021, 23:10 WIB
Tujuan penting dilakukannya pengecatan di kawasan Kota Tua agar terlihat indah dan menarik. Nantinya, setiap pengunjung akan merasakan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Orang Rimba masih Berjuang untuk Diakui

MATA Mariau tampak berkaca-kaca kala menceritakan perihnya derita kehidupan anggota kelompoknya yang biasa disebut orang rimba.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya