Senin 10 Mei 2021, 17:29 WIB

BPOM Kupang Temukan Puluhan Jenis Makanan Tak Layak Edar

Palce Amalo | Nusantara
BPOM Kupang Temukan Puluhan Jenis Makanan Tak Layak Edar

DOK MI
Ilustrasi

 

BALAI Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menemukan 51 jenis makanan kedaluarsa dan dua produk pangan tanpa izin edar selama Ramadhan 1442 Hijriah. Pengawasan terhadap bahan pangan tersebut sebanyak tiga tahap mulai 5-23 April 2021 di Kupang, Atambua, dan Sumba Timur.

Kepala BPOM Kupang, Tamran Ismail menyebutkan temuan makanan kadaluarsa tersebut sudah dimusnahkan. Sedangkan dua produk tanpa izin edar disita untuk ditindaklanjuti.

Dua produk itu ialah vanila dan senyawa kimia asam nitrat, masa berlaku hingga 2015. Terkait temuan tersebut, BPOM Kupang berkoordinasi dengan BPOM Surabaya untuk menelusuri keberadaan pabrik yang memproduksi dua produk tersebut.

"Kami juga melakukan pengawasan terhadap produk pangan jajanan untuk berbuka puasa. Sebanyak 129 sampel yang telah diuji, seluruhnya memenuhi syarat," katanaya, Senin  (10/5).

Pengujian mengunakan metode uji cepat dengan parameter uji boaks, formalin, rhodamin B dan methanyl yellow. Selanjutnya, BPOM memberikan pembinaan lisan agar pedagang memproduksi dan menjual produk pangan yang aman. (OL-15)

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Ratusan Pasien Covid-19 Klaten Dievakuasi ke Asrama Haji Donohudan

👤Djoko Sardjono 🕔Senin 02 Agustus 2021, 08:02 WIB
Evakuasi warga berstatus orang tanpa gejala (OTG) atau bergejala ringan ke Asrama Haji Donohudan itu merupakan pelaksanaan manajemen...
MI/Gabriel Langga

Pandemi Buat Minat Kursus Menjahit Kalangan Muda di Sikka Meningkat

👤Gabriel Langga 🕔Senin 02 Agustus 2021, 07:28 WIB
"Sejak pandemi ini, banyak sekali yang datang mengikuti kursus menjahit di lembaga saya yang datang dari kalangan muda yang berasal...
ANTARA/Bayu Pratama S

Ratusan Hektare Hutan dan Lahan di Kalsel Terbakar

👤Denny Susanto 🕔Senin 02 Agustus 2021, 06:49 WIB
Dinas Kehutanan Kalsel mencatat luas areal yang terbakar sedikitnya 142,9 hektare dan 29 hektare di antaranya berada dalam kawasan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya