Kamis 22 April 2021, 19:00 WIB

Di Sleman Muncul Klaster Covid Jongke

Agus Utantoro | Nusantara
Di Sleman Muncul Klaster Covid Jongke

dok.123rf
ilustrasi virus corona

 

SEBANYAK 35 warga Padukuhan Jongke Kidul, Kalurahan Sendangadi, Mlati, Sleman terpapar covid-19. Bahkan, dua warga  meninggal dunia karena covid meski dengan catatan komorbid atau penyerta.

Ketua Gugus Tugas Kalurahan Sendangadi, Mlati, Sleman, Parjiono, menerangkan, dari 35 warga sebagian besar sudah sembuh dan selesai menjalani isolasi mandiri.

"Kami saat ini berusaha keras untuk memutus mata rantai dengan melaksanakan rapid test, rapid antigen, dan swab PCR," tuturnya di Balai Dukuh Jongke Kidul, Kamis (22/4/2021).

Ia mengatakan, proses tracing ini menyasar warga yang kontak erat. Untuk undangan sebanyak 300 orang dan dibagi dua hari pelaksanaan, Kamis-Jumat
(23/4/2021), per harinya 150 orang.

"Untuk runtutan kejadian, ada keluarga demam dan tidak enak badan lalu swab mandiri di rumah sakit, ketahuan positif. Begitu ada kejadian, kita tracing, lalu berkembang," imbuhnya.

Parjiono menyebut kalau ada yang positif, langsung isolasi mandiri. Selain itu, pembatasan kegiatan sosial masyarakat diperpanjang dari hari Selasa (20/4/2021) sampai Minggu (25/4/2021). "Bagi yang isolasi mandiri, ada jadup (jaminan hidup) sembako bahan pangan," katanya.

Sementara Kepala Puskesmas Mlati I Sleman dr Ernawati menerangkan, screening dilakukan di RW 24, khususnya RT 5, 6, 7, dan 8. "Saat ini, kita adakan screening, rapid antigen, rapid antibodi, dan swab PCR sesuai dengan waktu kapan mereka kontak," jelasnya.

Untuk menentukan jenis rapid warga, Ernawati menyebut untuk warga yang kontak lebih dari seminggu dilakukan rapid antigen, lalu untuk kontak yang masih dalam satu minggu, dilakukan antibodi, sedangkan kalau ada warga yang bergejala, langsung swab PCR. "Untuk rapid antigen yang reaktif, ada 4 warga yang lanjut ke PCR," katanya.  (OL-13)

Baca Juga: Pasien Bertambah, Hari Ini RSD Wisma Atlet Merawat 1.587 Orang

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar

Ratusan Kendaraan Pemudik Diputar Balik di Karawang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 14:16 WIB
Ratusan kendaraan roda dua dan roda empat yang memasuki wilayah Karawang terpaksa diputar balik oleh petugas di Posko Pengamanan dan...
DOK PEMPROV JATENG

Ganjar Pranowo Berang Penumpang Positif Covid Dibiarkan Terbang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 13:50 WIB
Pihak bandara dan KKP lanjut Ganjar harus segera melakukan...
Mi/Dwi Apriani

KAI di Sumsel Hanya Operasikan Dua KA Jarak Jauh

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 06 Mei 2021, 13:00 WIB
PT Kereta Api Indonesia hanya mengoperasikan dua kereta api jarak jauh yakni Kereta Serelo rute Kertapati-Lubuklinggau (PP) dan Kereta...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya