Selasa 13 April 2021, 11:03 WIB

Terminal Indihiang Sediakan Pemeriksaan Covid-19 dengan GeNose C19

Kristiadi | Nusantara
Terminal Indihiang Sediakan Pemeriksaan Covid-19 dengan GeNose C19

MI/Kristiadi
Terminal Bus Tipe A Indihiang, Tasikmalaya melayani pemeriksaan covid-19 dengan GeNose C19.

 

MASYARAKAT yang hendak melakukan perjalanan melalui Terminal Tipe A Indihiang Kota Tasikmalaya, diminta memeriksakan diri menggunakan alat GeNose C19 untuk memastikan bahwa pelaku perjalanan menggunakan bus tidak positif covid-19. 

Kepala Terminal Indihiang, Jenny M Wirandani mengatakan, alat GeNose C19 baru pertama kali digunakan di Terminal Tipe A Indihiang, untuk memeriksa kondisi para penumpang. Namun pemeriksaan dilakukan secara random karena perlatan yang tersedia masih terbatas.

"Terminal Indihiang tipe A sekarang baru diberi jatah 200 unit kantong tiup GeNose C19 untuk kebutuhan 30 hari. Dalam satu hari digunakannya untuk 10 orang. Petugas juga menyediakan alat pengatur suhu badan," kata Jenny, Selasa (13/4).

Semua calon penumpang yang masuk ke Terminal IA Indihiang diperiksa suhu tubuhnya. Bila suhu tubuh tinggi, calon penumpang baru diperiksa dengan GeNose C19. Jika hasilnya reaktif, ia dilarang melakkan perjalanan dan diminta pulang dan melapor.

"Pemeriksaan GeNose C19 di Terminal Indihiang dilakukan secara gratis. Kami berharap ke depannya agar pasokan alat GeNose bisa ditambah sehingga pemeriksaannya bisa lebih maksimal untuk memutus mata rantai vurus korona," lanjutnya.

baca juga: Bandara Depati Amir dan Hanandjoe Mulai Buka Layanan Tes GeNose19 

Terkait adanya larangan mudik, pihak terminal belum mendapat arahan dari Kementerian Perhubungan terutama mengenai operasional terminal. Terminal tipe A Indihiang akan tetap beroperasi selama mudik Lebaran.

"Kemungkinan besar akan beroperasi karena ada pengecualian, kalau terminal tutup nanti siapa yang akan melayaninya. Namun, kita belum ada arahan resmi apakah akan seperti tahun kemarin tidak ada operasi sama sekali atau seperti apa. Pengawasan akan diperketat dari biasanya. Penumpang tetap diperiksa dokumen perjalanan termasuk mereka harus membawa surat keterangan bebas Covid-19," paparnya. (OL-3)

Baca Juga

ANTARA/Basri Marzuki

Pemkot Palu Dukung Peragaan Busana Jalanan Digelar Tiap Pekan

👤M Taufan SP Bustan 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:30 WIB
Berawal dari anak-anak Jakarta yang menggelar Citayam Fashion Week (CFW) yang kemudian viral dan menjangkiti semangat ke pelaku fesyen di...
Ist

Dorong Pemanfaatan QRIS di Lampung, Netzme Sediakan Voting Gunakan QRIS

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:21 WIB
PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme) ditunjuk Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Lampung sebagai media platform voting inovatif...
DOK MI

Petugas Lapas Semarang Gagalkan Penyelundupan Pil Koplo Yang Disembunyikan Di Vagina

👤Akhmad Safuan 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:09 WIB
AKSI nekat dilakukan seorang perempuan yang berusaha menyelundupkan 396 butir pil koplo ke Lapas Kelas 1 Semarang, Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya