Senin 12 April 2021, 11:52 WIB

Balimau di Masjid, Tradisi Silaturahim Ramadan di Agam

Yose Hendra | Nusantara
Balimau di Masjid, Tradisi Silaturahim Ramadan di Agam

MI/Yose Hendra
Tradisi balimau menjelang Ramadan di masyarakat Agam, Sumatra Barat, Minggu (11/4/2021)

 

MASYARAKAT Nagari Kampuang Pinang, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, gelar balimau dengan cara menjalin silaturahmi di masjid, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1442 hijriah, Minggu (11/4).. Silaturahmi yang digelar di Masjid Raya Kampuang Pinang itu, juga dirangkai dengan kegiatan berdoa dan makan bersama (bajamba).

Ketua panitia pelaksana, Zommi Dt Nan Labiah mengatakan, tradisi unik menjelang Ramadan ini sudah lama hilang di tengah masyarakat, namun atas kesepakatan bersama, kegiatan ini kembali dimunculkan.

"Dahulunya jelang Ramadan, nenek moyang di Kampuang Pinang selalu melakukan kegiatan balimau yaitunya bersilaturahmi, berdoa dan makan bersama di masjid," ujarnya, Minggu (14/4).

Dalam kegiatan ini, seluruh masyarakat baik unsur niniak mamak, pemerintah nagari, alim ulama dan tokoh masyarakat berkumpul di masjid. Kemudian kaum ibu membawa jamba, dengan cara berjalan bersama-sama menuju lokasi kegiatan.

"Sesampai di masjid, seluruh hidangan disajikan. Kemudian, acara dimulai dengan ceramah agama, berdoa, saling bermaaf- maafan dan makan bersama," sebutnya.

baca juga: Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1442 H Digelar Hari Ini

Menurut Zommi, banyak nilai luhur yang terkandung dalam kegiatan tersebut. Dalam ajaran agama, sebelum memasuki bulan Ramadan, sesama muslim diwajibkan untuk mensucikan diri dan hati, tentunya dengan saling bermaaf-maafan, baik sesama keluarga maupun tetangga.

"Ke depan acara ini akan kita agendakan sebagai kegiatan rutin tahunan di Nagari Kampuang Pinang," katanya.

Mengingat kondisi masih pandemi Covid-19, kegiatan balimau tahun ini dilaksanakan sesuai protokol kesehatan seperti, pemeriksaan suhu tubuh, menjaga jarak, serta menggunakan masker dan mencuci tangan. (OL-3)
 

Baca Juga

Biro Pers Sekretariat Presiden/Kris

Kunker Jokowi ke Riau Tinjau Vaksinasi & Tol Pekanbaru-Bangkinang

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Rabu 19 Mei 2021, 07:35 WIB
"Untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid-19, kunker Presiden akan menerapkan prokes secara ketat dan disiplin. Jumlah...
Dok. CBiznet

Biznet Hadirkan Internet Cepat untuk Fasilitas Umum di Kupang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 19 Mei 2021, 02:00 WIB
Adi menuturkan, kerja sama itu mencakup dukungan Biznet dalam penyediaan koneksi WiFi gratis di berbagai fasilitas umum, seperti...
modernpest.comI

Telah Sepekan Delapan Desa di Aceh Diserang Lalat

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Mei 2021, 00:39 WIB
Masyarakat dari delapan desa di Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Provinsi Aceh merasa resah dengan munculnya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Berebut Fulus dari JAKARTA

Jawa Barat menjadi primadona pariwisata bagi warga Jakarta. Namun, sejak pembangunan jalan tol dan terhubung dengan tol trans-Jawa
menyebabkan fulus wisatawan Jakarta terbelah.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya