Selasa 09 Maret 2021, 17:10 WIB

Besok, Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 3 Dibuka Gratis Selama 14 hari

Insi Nantika Jelita | Nusantara
Besok, Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 3 Dibuka Gratis Selama 14 hari

MI/Rudi Kurniawansyah
Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 3 (Jantho – Indrapuri) akan diopersionalkan besok, Rabu (10/3/2021)

 

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) akan mengoperasikan secara fungsional Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 3 (Jantho – Indrapuri) sepanjang 16 km mulai besok, Rabu (10/3) pukul 06.00 WIB.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro menyampaikan bahwa ruas tol ini dibuka secara gratis untuk sementara dan dalam rangka sosialisasi kepada pengguna khususnya mengenai penggunaan uang elektronik (UE) sebagai alat pembayaran di jalan tol, sebelum ditetapkan tarif.

"Untuk saat ini Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 3 yang menghubungkan Jantho hingga Indrapuri masih belum diberlakukan tarif karena masih dalam masa sosialisasi selama 14 hari kedepan," kata Koentjoro dalam keterangan resminya, Selasa (9/3).

Adapun masa operasional ruas tol fungsional ini adalah 24 jam. Pihaknya juga menyampaikan, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 197/KPTS/M/2021, jalan tol tersebut dianggap telah laik dan memenuhi persyaratan untuk dioperasikan.

Selain SK mengenai Penetapan Pengopeasian Jalan Tol Sigli – Banda Aceh Seksi 3, Hutama Karya juga telah menerima SK Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Segmen Jantho - Indrapuri - Blang Bintang melalui SK Nomor 198/KPTS/M/2021.

Dengan dikeluarkannya kedua SK tersebut, maka, Jalan Tol Sigli Banda - Aceh Seksi 3 (Jantho – Indrapuri) akan segera berbayar paska sosialisasi selesai.

“Kami akan menunggu evaluasi dari Kementerian PUPR mengenai pemberlakuan tarifnya secara resmi. Meski belum dikenakan tarif, pengguna jalan tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik untuk dapat melintas di ruas tol ini," jelas Koentjoro.

Dia menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum melintas di jalan tol. Satu kartu UE dikatakan untuk satu kendaraan. (OL-13)

Baca Juga

MI/SUPARDJI RASBAN

Di Tengah Pandemi, Usaha SPBU Dinilai Masih Menguntungkan

👤Supardji Rasban 🕔Selasa 13 April 2021, 08:32 WIB
Di Kabupaten Brebes, masih banyak tempat yang masih memerlukan SPBU karena wilayahnya yang luas yakni nomor dua di Jawa Tengah, setelah...
MI/Heri Susetyo

Ribuan KTP Pelanggar Prokes Menumpuk di Kejari Sidoarjo

👤Heri Susetyo 🕔Selasa 13 April 2021, 07:57 WIB
Sebanyak 4.900 KTP warga yang terjaring razia protokol kesehatan (prokes) menumpuk di kantor Kejaksaan Negeri Sidoarjo karena tidak...
MI/Dok penjabat bupati Sabu Raijua

Terseret Badai Hingga Samudera Hindia, Dua Nelayan Selamat

👤Palce Amalo 🕔Selasa 13 April 2021, 07:45 WIB
Dua nelayan Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT) terseret badai hingga Samudera Hindia, selamat atas bantuan sebuah pesawat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya