Kamis 25 Februari 2021, 03:30 WIB

Puluhan Penambang Emas Ilegal di Parigi Moutong Tertimbun

mediaindonesia.com | Nusantara
Puluhan Penambang Emas Ilegal di Parigi Moutong Tertimbun

Dok: Ant dari kiriman warga
Aktivitas penambang emas tanpa izin di Desa Burangan, Kecamatan Ampibabo, Kabupaten Parigi Moutong, Sulteng, sebelum peristiwa longsor

 

PULUHAN penambang emas ilegal di Dusun Sinaa, Desa Buranga, Kecamatan Ampibabo, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng) dilaporkan tertimbun longsoran saat melakukan aktivitas penambangan.

Peristiwa itu terjadi pada Rabu (24/2) malam, saat para penambang sedang beraktivitas di lokasi tambang emas tanpa izin itu, demikian siaran pers Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Parigi Moutong.

Dalam siaran pers itu, belum bisa mengonfirmasikan jumlah pasti korban tertimbun longsor dan kondisi mereka.

Alat-alat berat sedang melakukan evakuasi, dan korban yang berhasil dievakuasi telah dilarikan ke pusat pelayanan kesehatan masyarakat (puskesmas) setempat untuk mendapatkan perawatan medis.

"Satu per satu korban dievakuasi dari timbunan material longsor menggunakan ekskavator," kata Arifin, salah seorang staf Pemerintah Kecamatan Ampibabo, saat berada di lokasi tambang.

Hingga Kamis (25/2) dini hari, masih banyak korban tertimbun material longsor, dan dilaporkan jumlah korban saat ini yang berhasil dievakuasi kurang lebih 11 orang, lima di antaranya meninggal dunia dan enam lainnya selamat.

Proses evakuasi korban masih terus berlangsung. Hingga berita ini disiarkan belum ada konfirmasi resmi dari kepolisian setempat.

Kapolres dan Ketua DPRD Parigi Moutong dilaporkan telah berada di lokasi kejadian tersebut, namun belum bisa dihubungi untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut terkait hal itu. (Ant/OL-13)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Pedagang Takjil di Beru Diserbu Pembeli

👤Gabriel Langga 🕔Minggu 18 April 2021, 09:44 WIB
Selain umat muslim yang akan berbuka puasa, warga nonmuslim juga ikut menyerbut dagangan yang berupa es buah, es cendol, gorengan, aneka...
MI/Agus Utantoro

10 Perupa Ikuti Memotret Yogyakarta Kini

👤Agus Utantoro 🕔Minggu 18 April 2021, 08:29 WIB
Para perupa menunjukkan keahlian mereka dalam melukis dengan mempraktikkan gaya dan karakter masing-masing dalam menangkap secara cepat...
dok.Hipmi Banten

Ini Gagasan Rifky Hermiansyah Majukan BPD HIPMI Banten

👤Wibowo Sangkala 🕔Minggu 18 April 2021, 08:00 WIB
Rifky Hermiansyah menjadi orang pertama mengambil Formulir Calon Ketua Umum BPD HIPMI...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya