Senin 18 Januari 2021, 13:10 WIB

Tim SAR Gabungan sudah Temukan 36 Korban Tanah Longsor di Sumedang

Kristiadi | Nusantara
Tim SAR Gabungan sudah Temukan 36 Korban Tanah Longsor di Sumedang

MI/Kristiadi

 

Hari kesepuluh, petugas SAR gabungan telah berhasil menemukan kembali empat korban meninggal dunia di Perumahan Pondok Daud, Kampung Bojongkondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Pencarian masih terus dilakukan terhadap empat orang yang masih tertimbun material longsor.

"Petugas masih melakukan upaya pencarian terhadap empat orang korban yang masih tertimbun longsor dan untuk sekarang tercatat 36 orang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di sektor 2 tepatnya di rumah pertama terjadi bencana longsor dan semuanya di lidentifikasi Tim DVI Polda Jabar," kata Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansyah, Senin (18/1/2021) saat dihubungi Media Indonesia.

Deden mengatakan, pencarian terhadap para korban tersebut memasuki hari ke sepuluh di mana para korban yang ditemukan kondisinya itu meninggal dunia dan sekarang ini tinggal 4 orang masih tertimbun. Sedangkan, sekarang ini para korban yang telah ditemukan petugas menjadi 36 orang dan proses masih dilakukan dibantu alat berat.

"Pencarian terhadap korban tertimbun tanah longsor yang dilakukan di hari Sabtu (9/1) itu berhasil mengangkat 36 orang. Namun, untuk sekarang tinggal 4 orang masih dalam proses pencarian dilakukan oleh tim gabungan mulai dari TNI, Polri, BPBD, Basarnas, PMI, Potensi SAR Jabar, PMI dan DVI Polda Jabar dengan jumlah anggota 287 personil," ujarnya.

Menurutnya, operasi SAR hari ke sepuluh hari di fokuskan pada 2 sektor yaitu sektor 1 di rumah hajatan dan lapang voli serta sektor 2  di rumah terdampak pada longsoran pertama. Adapun, peralatan yang digunakan yaitu 3 unit excavator, ekstrikasi, komunikasi, medis dan APD untuk personal. Pencarian tersebut, saat ini masih dilakukan terhadap 8 orang korban dan para korban yang ditemukan langsung dibawa ke Puskesmas.

Berdasarkan hasil identifikasi Tim DVI Polda Jabar, korban yang berhasil diidentifikasi atas nama Abraham Sihombing, 8,  Cihanjuang, Roida Manaor Tampubolon, 60, Cihanjuang, Daniel Alvaro Pasaribu, 5, dan satu orang lagi masih poses identifikasi. Namun, sekarang ini petugas masih melakukan pencarian terhadap 4 orang masih tertimbun material longsoran," paparnya. (AD/OL-10)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/

Menantu Jokowi Janji Akan Perbaiki Hubungan dengan Jurnalis

👤Antara 🕔Sabtu 17 April 2021, 02:21 WIB
Ia mengaku bahwa pihaknya telah membaca maupun mendengarkan berbagai informasi yang diterima, termasuk "Wali Kota serasa...
MI/PIUS ERLANGGA

Pemkot Lhokseumawe Tindak Tegas Pedagang Makanan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 16 April 2021, 23:56 WIB
Pemerintah Kota Lhokseumawe melalui Satpol-PP dan WH akan menindak tegas bagi pedagang bandel yang menjual makanan berbuka puasa sebelum...
MI/Tri Subarkah

PBNU Mengkritik Pemkot Serang Terkait Larangan Buka Warung Makan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 16 April 2021, 23:20 WIB
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengkritik keputusan Pemerintah Kota Serang Provinsi Banten soal larangan restoran, cafe, warung...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya