Rabu 20 Januari 2021, 21:45 WIB

Jasad Tertimbun Longsor di Sumedang Ditemukan, Kini Fokus Relokasi

Adi Kristiadi | Nusantara
Jasad Tertimbun Longsor di Sumedang Ditemukan, Kini Fokus Relokasi

Antara
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berbincang dengan petugas saat meninjau bencana tanah longsor di Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat

 

PENCARIAN korban tertimbun longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, dihentikan sejak Senin (18/1). Seluruh korban sudah ditemukan oleh tim SAR gabungan sebanyak 40 orang meninggal dunia.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, pencarian korban tanah longsor yang berada di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang sudah dihentikan. Tim menemukan 40 korban tertimbun dalam kejadian itu.
 
"Setelah ini, selanjutnya persiapan relokasi bagi warga terdampak dan sekarang ini persiapan lahan relokasi bagi mereka akan diurus oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang dan Pemprov Jabar," kata kang Emil, sapaan gubernur, Rabu (20/1) di Tasikmalaya.

Ia mengatakan, untuk rumah relokasi nantinya akan dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) supaya masyarakat yang terdampak longsor tidak terhantui waswas tingggal di daerah rawan.

"Kami sangat prihatin dengan bencana alam di Jawa Barat, terakhir ini banjir terjadi di kawasan Puncak, Cianjur. Kami juga sudah koordinasi dengan ibu Bupati kemarin. Sementara laporan Alhamdulillah tidak ada korban, tapi itu membuat kerusakan dan sekarang pak Uu Ruzhanul Ulum, Pangdam III/Siliwangi dan ibu Bupati berada di sana," ujarnya.

Menurutnya, pihaknya berharap kedepannya tingkat kebencanaan di Jawa Barat termasuk di Indonesia bisa berkurang. Namun, sekarang supaya masyarakat mendoakan agar pandemi Covid-19 segera berakhir meski sampai saat ini belum selesai tapi kebencanaan datang silih berganti di mana-mana.

"Kami meminta agar kewaspadaan terutama masyarakat bisa terjaga dan sekarang sudah perintahkan supaya pemkot dan pemkab agar mengevaluasi hadirnya rumah-rumah di lahan yang berbahaya supaya kejadian itu tidak ada lagi yang serupa," paparnya. (OL-13)

Baca Juga: Seluruh Korban Longsor Sumedang Ditemukan, Operasi SAR ...

 

Baca Juga

DOK MI

Babel Fokus Tangani Stunting di Tiga Kabupaten

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Selasa 13 April 2021, 19:13 WIB
PEMERINTAH Provinsi Bangka Belitung (Babel) terus berupaya menurunkan  angka stunting khususnya di tiga kabupaten yaitu Bangka Selatan...
innovativegenomics.org

Libur Panjang, Pasien Covid-19 di Cianjur Meningkat

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 18:45 WIB
Angka penularan terlihat bertambah dari jumlah pasien di ruang isolasi RSUD Cianjur yang sebelumnya tinggal puluhan orang menjadi 175...
Humas Pemkab Tuban

Pemkab Tuban Minta Pusat Percepat Proyek Pengendali Banjir

👤M Yakub 🕔Selasa 13 April 2021, 18:37 WIB
PEMERINTAH Kabupaten Tuban, Jawa Timur meminta Pemerintah Pusat melakukan percepatan pelaksanaan sejumlah proyek pengendali banjir di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya