Senin 18 Januari 2021, 01:52 WIB

Warga Diimbau Waspadai Erupsi Gunung Semeru

Faishol Taselan | Nusantara
Warga Diimbau Waspadai Erupsi Gunung Semeru

ANTARA/Zabur Karuru
Gunung Semeru mengeluarkan lava pijar terlihat dari Desa Oro Oro Ombo, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (17/1).

 

WARGA di sekitar Gunung Semeru, Jawa Timur diminta untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius satu kilometer dari kawah menyusul erupsi gunung tersebut dalam dua hari terakhir. Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang kembali erupsi pada Sabtu sore  (16/1), sekitar pukul 17.24 WIB, kemudian Miggu (17/1).

Guna menghindari terjadinya korban, warga di lereng Gunung Semeru diminta tidak beraktivitas dalam radius 1 kilometer (km) dari kawah atau puncak Semeru dan jarak 4 km arah bukaan kawah di sektor selatan-tenggara.

Plt Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Yanuarb Rachmadi di Surabaya mengatakan warga harus waspada tidak  diperkennakan melakukan aktifitas sejauh 1 kilometer. "Kami juga meminta warga tidak panik, namun tetap waspada terhadap awan  panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai atau  lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru. Warga juga harus waspada  jika terjadi gejala erupsi susulan," ungkapnya, Minggu (17/1).

Yanuar juga meminta warga agar menjauhi atau tidak beraktivitas di area terdampak material awan panas. Ia menyebutkan perlu diwaspadai juga potensi luncuran di sepanjang lembah  jalur awan panas Besuk Kobokan.

"Ancaman lahar di alur sungai atau lembah yang berhulu di Gunung Semeru juga perlu diwaspadai masyaraakat. Ini mengingat banyaknya material vulkanik yang sudah terbentuk," tambahnya.

Yanuar menjelaskan, semburan awan panas Gunung Semeru yang terjadi kali ini disebabkan karena letusan sekunder yang hampir sama dengan letusan sebelumnya. (R-1)

Baca Juga

MI/Arnold tanti

Mesin Monster Sampah Buatan BUMN Dioperasikan di Desa Adat Seminyak

👤Arnoldus 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 13:55 WIB
WAKIL Ketua DPRD Badung Wayan Suyasa memberikan apresiasi yang tinggi atas pemberian CSR mesin pengolah sampah berbasis sumber yang diberi...
MI/Widjajadi

HUT RI 2022: Perwira Kopassus Masak BBQ untuk Para Prajurit

👤Widjajadi 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 13:29 WIB
SERUNYA para perwira Kopassus mengolah makanan dalam memeriahkan perayaan peringatan hari kemerdekaan RI ke-77, di kompleks Batalyon 22...
MI/Haryanto

Pengelola Wisata Ketep Pass Magelang Apresiasi PWI Jateng

👤Haryanto 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 13:24 WIB
DIREKTUR  Utama (Dirut) Daya Tarik Wisata Ketep Pass Kabupaten Magelang, Mul Budi Santoso mengapresiasi dan menyambut baik Ajang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya