Senin 04 Januari 2021, 23:25 WIB

Libur Nataru, 1,1 Juta Kendaraan Melintas di Tol Trans Sumatera

Insi Nantika Jelita | Nusantara
Libur Nataru, 1,1 Juta Kendaraan Melintas di Tol Trans Sumatera

ANTARA FOTO/Ardiansyah
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Bakauheni-Terbanggi Besaru, Lampung Selatan, Lampung, kemarin.

 

PT Hutama Karya (Persero) menyebut peningkatan Volume Lalu Lintas (VLL) kendaraan yang cukup signifikan terjadi di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Tercatat 1,1 juta kendaraan melintas di tol tersebut selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Evecutive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya J. Aries Dewantoro menuturkan, total jumlah kendaraan tersebut merupakan akumulasi dari seluruh ruas yang ada di JTTS baik yang sudah beroperasi penuh maupun fungsional.

“Sejak tanggal (24/12/2020) hingga kemarin (3/1/2021) total volume kendaraan yang melintas di JTTS mencapai 1.140.833 kendaraan," kata Aries dalam keterangannya, Senin (4/1).

Lebih lanjut Aries menyampaikan, puncak arus balik kendaraan yang melintas dari Pulau Sumatera kembali ke Pulau Jawa terjadi pada hari Minggu (3/1) dimana 120.656 kendaraan tercatat melintas di jalur arus balik JTTS setelah sebelumnya pada hari Sabtu (2/1) hanya 109.467 kendaraan yang melintas.

Selain itu, di Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 3 (Jatho – Indrapuri) dengan 10.862 kendaraan melintas dan untuk Medan-Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia-Marelan-Helvetia) tercatat sebanyak 160.002 kendaraan melintas selama momen Nataru.

Baca juga: Sulsel dapat Jatah 66.640 Ribu Vaksin Covid-19

Aries menambahkan, selama momen Nataru kemarin Hutama Karya telah mendirikan Pos Pantau dengan dibantu oleh pihak kepolisian, TNI serta Basarnas untuk melakukan pengamanan selama 24 jam, mendirikan Pos Cek Kesehatan bekerjasama dengan Rumah Sakit sekitar. Pihaknya mengaku memperketat protokol Covid-19 di ruas tol dan rest area yang dikelola.

“Kami mewajibkan seluruh petugas menggunakan masker, faceshield, sarung tangan, serta memberikan fasilitas cek kesehatan gratis dimana pengguna jalan tol tidak hanya di cek suhu tubuhnya, tetapi juga dapat mengecek kondisi kesehatannya. Lalu, melakukan tes rapid gratis, mapun menggunakan fasilitas refreksi gratis yang ada di rest rea,” tutup Aries. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fransisco Carolio

Menteri PUPR Minta Perbaikan Tol Trans Sumatera Tuntas Akhir April

👤Fetry Wuryasti 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 12:40 WIB
Beberapa segmen jalan harus dilakukan rekondisi dan rekonstruksi, termasuk levelling oprit jembatan yang mengalami penurunan karena berada...
ANTARA FOTO/Umarul Faruq

BMKG: Sulut Diguncang Gempa dengan Magnitudo 6,1

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 10:15 WIB
Dalam informasi yang diterima dari BMKG di Jakarta, Sabtu, lokasi gempa berada di 3.67 lintang utara dan 126.82 bujur...
DOK Pribadi.

Wapres PNLG Tunjukkan Pengelolaan Kawasan Pesisir Jelang Pertemuan Oktober

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 08:58 WIB
Sejumlah keberhasilan itu tampak pada program pembangunan rumah untuk keluarga nelayan di daerah itu, termasuk bantuan perahu hingga jaring...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya