Minggu 27 Desember 2020, 17:35 WIB

Ada Longsor, Curug Pelangi tetap Buka Kunjungan Wisata

Depi Gunawan | Nusantara
Ada Longsor, Curug Pelangi tetap Buka Kunjungan Wisata

MI/Depi Gunawan
Pengunjung objek wisata Curug Pelangi melihat papan pengumuman berisi imbauan agar tidak mendekati area curug untuk mengantisipasi potensi l

 

KENDATI ada longsor, pengelola objek wisata Curug Pelangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat tetap membuka kunjungan. Hanya saja, pengunjung dilarang mendekati area curug untuk mengantisipasi potensi longsor susulan.

Asisten Perhutani (Asper) Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Bandung Utara, Susanto selaku pengelola objek wisata Curug Pelangi mengungkapkan, saat ini pengunjung hanya dibolehkan sampai batas view deck.

"Sampai hari ini kunjungan masih tetap dibuka, tetapi untuk sementara pengunjung tidak diperbolehkan turun sampai ke dasar curug," kata Susanto, Minggu (27/12).

Untuk mencegah pengunjung yang memaksa turun hingga curug, pihaknya menempatkan petugas untuk menghalau. Susanto mengatakan, bongkahan longsor bahu jalan Kolonel Masturi pada Sabtu (26/12) kemarin hanya merusak pagar pengaman menuju curug.

"Kami sudah cek ke bawah, hanya pagar pelindung saja yang rusak. Untuk akses yang lainnya dipastikan masih aman," jelasrnya.

Potensi longsor susulan diperkirakan masih bisa terjadi mengingat hujan masih turun, oleh karena itu, pihaknya berkoordinasi dengan instansi terkait seperti BPBD dan kepolisian untuk mencegah segala hal yang tak diinginkan.

"Kemarin langsung mitigasi dan koordinasi dengan BPBD dan pihak terkait lainnya," ujarnya.

Sementara, sehari pascalongsor, kunjungan ke objek wisata Curug Pelangi cukup banyak. Namun karena para pengunjung hanya dibolehkan sampai batas view deck, mereka akhirnya tidak jadi.

"Dari pagi sebetulnya sudah banyak yang datang, tapi setelah kami jelaskan kalau pengunjung tidak boleh sampai ke dasar curug, mereka tidak jadi berwisata," ucap penjaga tiket objek wisata Curug Pelangi Cimahi, Yopi Nugraha.

Yopi mengaku, selama masa libur panjang, kunjungan ke Curug Pelangi turun drastis. Setiap hari rata-rata pengunjung hanya berkisar sekitar 300 orang. "Masih sepi, mungkin orang-orang memilih berlibur di rumah," tambah Yopi. (OL-13)

Baca Juga: Kasus Sembuh Covid-19 di Indonesia Hari Ini Pecahkan Rekor

Baca Juga

dok.ist

Burhan Zainuddin Ajak Optimalkan Kacang Mete Buton Tengah

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:30 WIB
SELAIN hasil laut, potensi hasil bumi Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara dinilai dapat terus dioptimalkan. Salah satunya hasil bumi...
Dok. Kanwil Kemenkumham Babel

Kanwil Kemenkumham Babel, Dorong Kabupaten Bangka untuk Daftarkan Kekayaan Intelektual Komunal

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:10 WIB
Dalam kunjungannya, Harun disambut langsung oleh Bupati Kabupaten Bangka Mulkan, untuk membahas optimalisasi layanan hukum dan hak asasi...
dok.ist

Bupati Harap Sail Teluk Cenderawasih Tingkatkan Ekspor Yellowfin Biak Numfor

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:55 WIB
BUPATI Biak Numfor, Herry Ario Naap berharap penyelenggaraan Sail Teluk Cenderawasih 2023 di wilayahnya, dapat mengoptimalkan seluruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya