Minggu 22 November 2020, 08:53 WIB

Penyebaran Covid-19 Naik Lagi, Sekolah di Ternate Kembali Ditutup

Hijrah Ibrahim | Nusantara
Penyebaran Covid-19 Naik Lagi, Sekolah di Ternate Kembali Ditutup

MI/Hijrah Ibrahim
SMP Negeri 7 Ternate yang menggelar kegiatan belajar-mengajar

 

SETELAH dibuka selama sepekan, Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, kembali ditutup, karena status penyebaran covid-19 di Ternate kembali naik dari zona kuning ke oranye.

Koordinator Satgas Covid-19 Kota Ternate M Arif Gani, saat ditemui Sabtu (21/11), menyampaikan Kota Ternate mengalami kenaikan status dari zona kuning menjadi zona oranye.

Alhasil, simulasi pembukaan sekolah dihentikan berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19.

Baca juga: 76 Pasien Covid-19 di Klaten Sembuh, Positif Bertambah 33 Orang

"Karena kemarin sekolah sempat melakukan simulasi dan dengan adanya kenaikan status Kota Ternate dan edaran menteri yang baru keluar jadi sekolah kembali ditutup," ungkap Arif.

Arif mengatakan sekolah bisa dibuka kembali jika sekolah tersebut dinilai sudah siap dalam penerapan protokol kesehatan.

"Nanti kita bakal turun dan pantau, jika ada sekolah yang sudah siap, bisa dibuka. Namun, jika belum siap, belum bisa dibuka," jelasnya.

Menurut Arif, peningkatan status dari zona kuning ke oranye di Ternate terjadi pada 16 November lalu.

"Kenaikan zona ini terjadi karena ada peningkatan kasus covid-19. Namun, kebanyakan yang positif merupakan pelaku perjalanan dan kebanyakan orang dari luar, bukan orang lokal," tandasnya. (OL-1)

Baca Juga

MI/Rudi Kurniawansyah

Setelah Istri, Gubernur Riau Terkonfirmasi Positif Covid-19

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Selasa 01 Desember 2020, 18:40 WIB
GUBERNUR Riau Syamsuar dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 setelah sehari sebelumnya Misnarni, istri Syamsuar dinyatakan...
MI/Lilik Darmawan

Pembangunan Bandara JB Soedirman Purbalingga Tinggal 25%

👤Lilik Darmawan 🕔Selasa 01 Desember 2020, 17:35 WIB
PROGRES pembangunan Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Wirasaba, Purbalingga, Jawa Tengah telah mencapai 75% atau tinggal 25%...
MI/Andri Widiyanto

Perayaan Natal di Palangka Raya Boleh Dilaksanakan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 01 Desember 2020, 17:21 WIB
Setiap jemaat yang beribadah di gereja menggunakan masker dan menyiapkan fasilitas cuci tangan disertai sabun serta menyiapkan "hand...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya