Senin 09 November 2020, 21:46 WIB

Dini Hari Nanti, Tol Pekanbaru-Dumai Mulai Bertarif

Rudi Kurniawansyah | Nusantara
Dini Hari Nanti, Tol Pekanbaru-Dumai Mulai Bertarif

MI/Rudi Kurniawansyah
Pintu gerbang tol Dumai

 

DINI hari nanti, Jalan Tol Trans Sumatra ruas Pekanbaru - Dumai dan Sigli- Banda Aceh seksi 4 diberlakukan tariff.

Hal ini menyusul telah dikeluarkannya Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kepmen PUPR) Nomor 1525/KPTS/M/2020 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Pekanbaru-Dumai pada tanggal 22 Oktober 2020 dan Kepmen PUPR Nomor 1552/KPTS/M/2020 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Sigli -Banda Aceh Seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang) tanggal 27 Oktober 2020.

Executive Vice President PT Hutama Karya Muhammad Fauzan mengatakan untuk Tol Pekanbaru - Dumai akan secara resmi mulai diberlakukan tarif pada tanggal 10 November 2020 pukul 00.00 WIB.

"Nanti malam Jalan Tol Pekanbaru - Dumai akan resmi dikenakan tarif. Sebelumnya kami telah melakukan sosialiasi baik secara offline maupun online kepada seluruh pengguna jalan tol. Hal ini sesuai dengan poin yang tercantum dalam Kepmen dimana menyatakan bahwa. Besaran tarif tol padaJalan Tol Pekanbaru -  Dumai mulai berlaku 14 hari kalender setelah Keputusan Menteri ditetapkan,’’ ujar Fauzan.

Ia mengatakan selain Tol Pekanbaru - Dumai, Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 4 (Indrapuri - Blang Bintang) yang telah beroperasi secara gratis sejak tanggal 26 Agustus 2020 juga akan diberlakukan tarif dalam waktu dekat.

"Untuk Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 4 (Indrapuri – Blang Bintang), penetapan tarif akan secara resmi diberlakukan pada tanggal 12 November 2020 Pukul 00.00 WIB. Jalan tol ini juga akan menerapkan system transaksi tertutup," jelas Fauzan.

Baca juga : Pemerintah Segera Selesaikan RPP tentang Perlindungan Buruh Migran

Penerapan tarif pada Jalan Tol Pekanbaru - Dumai dan Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 4 telah diimbangi dengan pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) sesuai Peraturan Menteri PU Nomor 16/PRT/M/2014 tentang Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol. Dengan segera diberlakukannya

penetapan tarif pada Jalan Tol Pekanbaru - Dumai dan Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 4, pengendara dan pengguna jalan diharapkan dapat mematuhi peraturan yang berlaku di jalan tol serta mempersiapkan diri sebelum melintas.

"Kami mengimbau pengguna jalan untuk selalu memastikan saldo Uang Elektronik dalam keadaan cukup sebelum memasuki jalan tol sehingga tidak terjadi penumpukkan kendaraan di Gerbang Tol," ujar Fauzan.

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai dan Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 4 merupakan jalan tol pertama di Provinsi Riau dan Aceh. Hutama Karya berharap kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta untuk selalu berhati-hati dan tetap menjaga kecepatan berkendara maksimum di rata-rata 60 - 100 km/jam.

Hutama Karya juga mengimbau agar pengguna jalan dapat mengecek kondisi kendaraan sebelum berkendara di jalan tol, berkendara dalam kondisi prima, mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, serta untuk selalu setuju bahwa keselamatan adalah nomor satu.(OL-2)

 

Baca Juga

DOK.MI

Polisi Ungkap Ciri-Ciri Mayat Dalam Kardus yang Ditemukan di Demak

👤Akhmad Safuan 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 18:35 WIB
Beberapa ciri-ciri khusus dari mayat perempuan yang pertama kali ditemukan oleh pencari rumput tersebut mulai...
DOK MI

Polres Demak Tangani Kasus Penemuan Mayat Dalam Kardus

👤Akhmad Safuan 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 18:10 WIB
POLISI masih selidiki identitas mayat perempuan di dalam kardus yang ditemukan di ruas jalan Demak-Jepara di Desa Pasir, Kecamatan Mijen,...
ANTARA FOTO/Arnas Padda

Sulteng Diharap Menjadi Lumbung Jagung Nasional

👤M. Taufan SP Bustan 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 18:01 WIB
LAHAN perkebunan yang luas di Sulawesi Tengah, diharap bisa dimanfaatkan sebagai lumbung dan pusat industri jagung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya