Rabu 04 November 2020, 20:20 WIB

Kelurahan di Kupang Gencar Sosialisasi Gerakan 3M

Palce Amalo | Nusantara
Kelurahan di Kupang Gencar Sosialisasi Gerakan 3M

MI/Palce Amalo
Kepatuhan warga di Kupang terhadap protokol kesehatan terus ditingkatkan dengan menggerakkan sosialisasi di kelurahan.

 

KELURAHAN Liliba, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur terus melakukan upaya pencegahan covid-19 di masyarakat. Upaya ini dilakukan dengan cara melakukan sosialisasi gerarkan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

Sosialisasi dilakukan setiap hari di rumah-rumah penduduk yang akan menggelar hajatan. "Hari ini kita sosialisasi di empat rukun tetangga (RT) yang menggelar pesta nikah, peminangan, ibadah syukuran pernikahan, dan wisuda," kata Lurah Liliba, Viktor Makoni, Rabu (4/1).

Dia menyebutkan sosialisasi dilakukan oleh tim satgas covid-19 kelurahan agar warga tetap mengikuti protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus korona. Pihak kelurahan juga melakukan razia warga tidak mengenakan masker saat berada di luar rumah. "Sekarang sudah ada transmisi lokal dan masih bertambah. Sosialisasi ini dilakukan karena kami sayang kepada warga Liliba," kata Dia.

Menurutnya sosialiasi dilakukan sebelum acara pesta dimulai. Petugas yang tergabung dalam kegiatan sosialisasi juga minta tuan pesta
menyemprotkan disinfektan pada peralatan di tempat pesta antara lain terutama kursi dan meja. "Kita berjaga-jaga jangan sampai kursi dan meja yang ada di tempat pesta menjadi media yang menularkan virus korona kepada tamu," ujarnya.

Untuk memastikan gerakan tersebut berjalan maksimal, dua hari sebelum pesta digelar, tuan pesta bersama ketua rukun tetangga setempat wajib melapor ke kelurahan. Dari laporan itu, barulah tim turun ke lokasi pesta untuk melakukan sosialisasi. Mereka juga mengecek jarak antar kursi di tenda atau ruangan yang akan ditempati tamu, diatur sesuai jarak yang ditentukan yakni satu meter, dan disediakan tempat mencuci tangan dengan sabun. (OL-13)

Baca Juga: KPU Kalteng Harus Awasi Ketat Prokes Saat di TPS

Baca Juga

AFP/BNPB

Korelasi Erupsi Semeru dengan Kejadian Serupa di 1 Desember 2020

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Minggu 17 Januari 2021, 10:38 WIB
Menurut dia, aktivitas vulkanik dalam periode waktu tersebut cenderung belum menunjukkan penurunan. Intensitas guguran lava pijar juga...
MI/TOSIANI

Perpustakaan Daerah Temanggung Terapkan Protokol Kesehatan

👤Tosiani 🕔Minggu 17 Januari 2021, 10:35 WIB
Perpustakaan Daerah Temanggung mulai beroperasi kembali Senin (18/1). Protokol kesehatan akan diterapkan secara...
Ilustrasi

Bupati Manggarai Timur Positif Rapid Antigen

👤Yohanes Manasye 🕔Minggu 17 Januari 2021, 10:31 WIB
"Bapak Bupati saat ini secara fisik sehat dan tidak ada yang luar biasa dan bapak langsung menjalani isolasi atau karantina mandiri di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya