Rabu 28 Oktober 2020, 19:45 WIB

Pertamina Komitmen Edukasi Pelanggannya

Haryanto | Nusantara
Pertamina Komitmen Edukasi Pelanggannya

MI/Haryanto
Pertamina berkomitmen mengedukasi pelanggannya agar tercipta K3 bagi lingkungan.

 

DI hari pelanggan nasional ini, PT Pertamina (persero) kembali mengedukasi pelanggannya agar tetap taat aturan saat mengisi BBM di SPBU dan protokol Covid-19. Komitmen ini sebagai bentuk kepatuhan terhadap K3 (keamanan, keselamatan, kesehatan) dan lingkungan di SPBU.

Lantaran itu, Pertamina (Persero) melarang  pembelian dengan jerigen yang berbahan dasar plastik. Sebab mudah terbakar dan tidak aman dalam mobilitasnya. Juga mengingatkan penggunaan telepon genggam, mematikan mesin kendaraan saat pengisian juga berbahaya karena adanya listrik statis yang sewaktu-waktu bisa menyambar uap BBM.

Terkait upaya mengurangi penyebaran virus corona, Pertamina juga merapakan di seluruh fasilitas dengan protokol covid-19, yaitu penyemprotan disinfektan rutin, penggunaan masker, sarung tangan dan sanitizer oleh seluruh operator serta pembatasan jarak fisik. Beberapa upaya lainnya antara lain:

My Doctor

Upaya Pertamina wilayah MOR IV mencegah Covid-19 dengan aplikasi MyDoctor. Skema ini dijalankan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan perusahaan serta mengoptimalkan pelayanan penyaluran produk Pertamina kepada masyarakat.

Pertamina melalui Unit Operasi Marketingnya merupakan garda terdepan penyaluran produk-produk seperti BBM dan LPG. Penyaluran produk ini memungkinkan terjadinya intensitas interaksi yang cukup tinggi.

Aplikasi MyDoctor Pertamina merupakan sarana layanan medis kepada pekerja Pertamina secara daring (online) yang ada sejak 2018 lalu. Dan sejak dua tahun lalu aplikasi ini telah membantu para pekerja Pertamina khususnya di MOR IV dalam mendapatkan layanan medis secara online.

Di aplikasi tersebut para pekerja Pertamina dapat berkonsultasi secara daring dengan dokter, menghitung indeks massa tubuh, mengatur pola makan dan lainnya.

Adapun dalam kasus pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, aplikasi MyDoctor menjadi sarana bagi para pekerja untuk mendapatkan edukasi sekaligus dapat memonitor kesehatannya setiap hari.

Area Manager Medical MOR IV, Datuk Fachrul Razy mengatakan Aplikasi My Doctor Pertamina ini merupakan mobile application berbasis android pertama yang hadir di Indonesia dan merupakan fasilitas yang diberikan perusahaan bagi pekerjanya
untuk mendekatkan layanan kesehatan kapada seluruh pekerja pertamina.

Aplikasi MyDoctor telah mendapatkan 2 kali rekor MURI. Ada layanan terbaru dari inovasi ini yaitu konsultasi online psikolog, supaya pekerja yang work from home dapat mengendalikan stress ketika bekerja di rumah dan dapat lebih terkontrol.

Layanan

Menurut GM Pertamina MOR IV Kusnendar bisnis hilir Pertamina berupa BBM, LPG, Pelumas merupakan produk yang bersinggungan langsung dengan konsumen, maka layanan pelanggan pada bisnis ini menjadi cerminan dan wajah perusahaan dimata masyarakat.

Sehingga momentum customer day tersebut sekaligus dimanfaatkan untuk memberi apresiasi kepada pelanggan di bisnis yang langsung bersentuhan dengan masyarakat konsumen, SPBU contohnya.

Terkait dengan standar pelayanan di SPBU, Kusnendar menambahkan standar Pasti Pas telah menjadi icon perubahan yang sangat positif, dan berbagai bentuk pengakuan pun sudah diberikan oleh lembaga independen kepada SPBU Pertamina. Di sisi lain, Pertamina berharap peran pihak swasta pengelola SPBU guna mensukseskan Program Pasti Pas tersebut.

Yang pasti,kata Kusnendar, dengan 901 SPBU yang ada kami  terus berkomitmen untuk memastikan ketersedian stok Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquified Petroleum Gas (LPG) di provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta aman

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pertamina senantiasa mendukung program pemerintah untuk memeratakan penyaluran energi seperti BBM dan LPG kepada masyarakat. Bagi pelanggan dan konsumen yang ingin mendapatkan informasi layanan produk, layanan pesan antar maupun memberikan kritik dan saran, pelanggan setia Pertamina dapat menghubungi Pertamina Call Centre 135 atau melalui website. (OL-13)

Baca Juga: Kontraktor Prancis Garap Perencanaan Angkutan Massal Mebidangro

Baca Juga

MI/Rendy Ferdiansyah

274 Rumah Terdampak Banjir di Belitung

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Selasa 19 Januari 2021, 22:25 WIB
Kepala BPBD Provinsi Babel Mikron Antariksa menyebutkan 247 rumah terdampak banjir tersebut di Kecamatan Manggar, Kecamatan Damar, dan...
MI/Widjajadi

Uang Rp2,016 M Pengganti Kerugian Negara Dikembalikan

👤Widjajadi 🕔Selasa 19 Januari 2021, 22:17 WIB
Rahardyan, warga Solo ini divonis 1,5 tahun penjara dalam putusan banding Pengadilan Tinggi (PT) Semarang. Sebelumnya dalam putusan...
MI/Dwi Apriani

Cuaca Buruk, Bencana di Sumsel Harus Diwaspadai

👤Dwi Apriani 🕔Selasa 19 Januari 2021, 22:12 WIB
Kabid Penanggulangan Kedaruratan BPBD Sumsel, Ansori mengatakan, meski dilanda cuaca buruk, namun bencana genangan air yang melanda...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya