Senin 26 Oktober 2020, 18:15 WIB

Pengelola Tol Trans Sumatera Antisipasi Lonjakan Jumlah Kendaraan

Rudi Kurniawansyah | Nusantara
Pengelola Tol Trans Sumatera Antisipasi Lonjakan Jumlah Kendaraan

ANTARA
Foto udara jalan tol Pekanbaru-Dumai

 

PT Hutama Karya (Persero) selaku salah satu Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) di Indonesia memprediksi adanya lonjakan jumlah kendaraan yang melintasi Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) pada libur panjang akhir pekan ini.

Direktur Operasi I Hutama Karya Suroto mengatakan bahwa untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol, pihaknya sudah mulai melakukan berbagai persiapan di seluruh ruas jalan tol yang dikelola, termasuk di JTTS .

"Kami memperkirakan trafik kendaraan yang melintas khususnya di JTTS pada saat libur ini akan mengalami peningkatan signifikan dibandingkan pada saat libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1441 H lalu. Terlebih tahun ini kami sudah mulai mengoperasikan dua ruas tol baru yakni tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km dan tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 sepanjang 14 km," jelas Suroto, Senin (26/10).

Ia  menerangkan Hutama Karya akan bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam persiapan menghadapi kemungkinan lonjakan arus kendaraan. Seperti momen libur panjang sebelumnya, jelas Suroto, pihaknya akan menyiapkan beberapa pos check point yang bisa dimanfaatkan pengguna jalan tol.

"Pos check point ini kami tempatkan pada ruas jalan tol yang paling banyak dilintasi pengguna jalan pada saat momen liburan yakni Ruas Tol Terbanggi Besar -Pematang Panggang- Kayu Agung (Terpeka), Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter), Ruas Tol Pekanbaru-Dumai," ungkap Suroto.

Secara teknis, lanjutnya, mulai 27 Oktober hingga 1 November 2020, pos check point tersebut akan disediakan di berbagai titik pada setiap ruas tol di JTTS. Pada ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar, pos check point berada di KM 87 Jalur A dan KM 20 Jalur B.

Sedangkan pada ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung berada di Rest Area KM 234 Jalur A dan Rest Area KM 215 Jalur B dengan melibatkan Polda Lampung dan Polda Sumatra Selatan serta Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatra Selatan.

"Sementara itu untuk di ruas tol Pekanbaru-Dumai juga akan disiapkan check point yang berada di Rest Area KM 45 Jalur A dan Rest Area KM 82 Jalur B," ujar Suroto. (R-1)

Baca Juga

dok polda jatim

Sinergitas TNI/Polri dan Ulama untuk Jatim yang Kondusif

👤RO/Micom 🕔Rabu 02 Desember 2020, 20:41 WIB
Sinergitas TNI/Polri dan ulama dibutuhkan untuk menjaga keamanan di...
DOK MI

Karawang Tinggkatkan Frekuensi Operasi Yustisi Prokes

👤Cikwan Suwandi 🕔Rabu 02 Desember 2020, 19:22 WIB
Tim Satgas yang terdiri dari aparat gabungan TNI/Polri, Satpol PP, Dishub, Dinkes dan BPBD kini menggelar operasi yustisi empat kali dari...
DOK IKP KOMINFO BABEL

Gubernur Erzaldi Tinjau Lokasi Sawah Terendam Banjir di Desa Kepoh

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 02 Desember 2020, 19:21 WIB
Peninjauan ini dilakukan Gubernur Erzaldi untuk melihat kondisi 260 hektare persawahan yang pada November lalu dilanda...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya