Senin 26 Oktober 2020, 17:43 WIB

Distribusi Kartu Tani di Kabupaten Malang Molor

Bagus Suryo | Nusantara
Distribusi Kartu Tani di Kabupaten Malang Molor

ANTARA
Kartu tani

 

RIBUAN petani di Kabupaten Malang, Jawa Timur belum menerima kartu tani. Hal itu disebabkan pencetakan dan distribusi kartu molor dari seharusnya kelar September 2020.

"Petani agar bersabar, semua petani akan mendapatkan kartu tani asalkan terdaftar pada sistem E-RDKK (elektronik rencana definitif kebutuhan kelompok)," tegas Kepala Seksi Pupuk Pestisida dan Alsintan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pemkab Malang Suwaji, Senin (26/10).

Sejauh ini jumlah petani yang terdaftar dalam E-RDKK sebanyak 374.657 orang. Sedangkan kartu tani yang sudah dicetak baru mencapai 79.281 kartu atau 21%.

Selain itu belum seluruh kios terpasang alat Electronic Data Capture (EDC). Saat ini yang sudah terpasang alat penerima pembayaran tersebut sebanyak 245 kios dari 271 kios. Sebanyak 26 kios belum terpasang EDC.

Suwaji menyatakan Pemerintah Kabupaten Malang terus mendorong petani yang belum memiliki kartu tani segera mendaftarkan diri agar tercatat dalam E-RDKK. Pemkab Malang, tambahnya, memastikan semua petani akan menerima kartu tani. Meskipun saat ini ada yang belum menerima, hal itu karena proses entri data, pencetakan dan distribusi memerlukan waktu.

Sedangkan pihak BNI akan menyelesaikan infrastruktur sampai Oktober. Adapun distribusi kartu tani molor dari seharusnya terdistribusi seluruhnya pada September.

Kendati kartu tani belum terdistribusi secara keseluruhan karena belum tercetak, Pemkab Malang optimistis masalah itu bakal kelar pada Desember 2020. "Sebab mulai awal 2021, penyaluran pupuk bersubsidi harus atau wajib menggunakan kartu tani," ujarnya. (R-1)

Baca Juga

MI/Palce Amalo

Penyidik Kejaksaan Tinggi NTT Periksa Bupati Manggara Barat

👤Palce Amalo 🕔Senin 18 Januari 2021, 11:40 WIB
Bupati Manggarai Barat Agustinus Dula diperiksa penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin...
Dok Arutmin Indonesia

Arutmin Bantu Evakuasi Korban Banjir di Kalimantan Selatan

👤Denny Susanto 🕔Senin 18 Januari 2021, 11:01 WIB
PT Arutmin Indonesia ikut membantu upaya evakuasi warga korban yang masih terjebak banjir di sejumlah...
MI/Haryanto

Puluhan Penyintas Covid-19 di Semarang Kembali Terinfeksi Korona

👤Akhmad Safuan 🕔Senin 18 Januari 2021, 10:55 WIB
Ada 50 orang penyintas covud-19 kembali tertular di Kota Semarang. Mereka adalah pasien yang dirawat di rumah dinas wali kota...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya