Rabu 26 Agustus 2020, 11:34 WIB

Tim Gabungan di Cianjur Terus Gencarkan Razia Masker

Benny Bastiandy | Nusantara
Tim Gabungan di Cianjur Terus Gencarkan Razia Masker

MI/Benny Bastiandy
Warga yang kedapatan tak menggunakan masker menjalani hukuman push up di Taman Kreatif Joglo di Jalan Siliwangi, Cianjur, Rabu (26/5/2020)

 

TIM gabungan Satpol PP, TNI, dan Polri di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, terus menggencarkan peningkatan pendisiplinan protokol kesehatan dengan merazia warga tak bermasker. Bentuk penegakan hukumnya pun mulai diarahkan ke sanksi sosial.

Kepala Seksi Linmas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Cianjur, Cecep Apandi, mengatakan operasi penertiban penerapan protokol kesehatan terus dilakukan dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat agar selalu menggunakan masker saat beraktivitas. Beberapa pekan dilaksanakannya razia masker, kata Cecep, secara bertahap mulai terlihat adanya peningkatan kesadaran.

"Tapi masih ada juga yang memang tidak menggunakan masker. Bagi mereka, kita beri sanksi berupa kerja sosial bersih-bersih area publik atau hukuman push up," kata Cecep kepada mediaindonesia.com ditemui saat razia di check point Taman Kreatif Joglo, Rabu (26/8).

Cecep menuturkan, di Kabupaten Cianjur belum ada penerapan sanksi berupa denda. Penerapannya masih dalam pembahasan.

"Untuk denda, nanti kita menunggu instruksi pimpinan. Saat ini masih pemberian sanksi sosial dulu," jelasnya.

Razia masker kali ini, kata Cecep, dilaksanakan di dua titik check point. Lokasinya di Taman Kreatif Joglo di Jalan Siliwangi serta di kawasan Bojongmeron Citywalk di Jalan Mangunsarkoro.

"Razia kami pusatkan di lokasi-lokasi keramaian karena menjadi pusat aktivitas masyarakat," imbuhnya.

baca juga: Wakil Bupati Maybrat Meninggal Dunia

Selama pandemi covid-19 masih terus ada, kata Cecep, razia masker akan terus dilaksanakan. Ia berharap masyarakat bisa mematuhi dan mentaati anjuran pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Pada intinya, dari razia masker ini kita ingin menyadarkan masyarakat untuk bersama-sama mencegah penyebaran covid-19. Minimalnya selalu menggunakan masker karena cukup efektif menangkal penyebaran virus korona. Setiap kali razia, kita selalu bersama-sama dengan TNI, Polri, BPBD, PMI, dan elemen lain," pungkasnya. (OL-3)
 

Baca Juga

medcom

Kasus Positif Covid-19 di Klaten Tembus 2.001 Orang

👤Djoko Sardjono 🕔Minggu 06 Desember 2020, 07:58 WIB
Klaten menambah jumlah kasus positif sebanyak 28 orang sehingga jumlah akumulasi kasus positif menjadi 2.001...
Dok.MI

342 Tenaga Medis Gugur IDI Beri Peringatan

👤(Van/E-3) 🕔Minggu 06 Desember 2020, 05:55 WIB
TIM Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengumumkan dari Maret hingga Desember total 342 tenaga medis dan tenaga kesehatan...
heri susetyo

3M Amankan Pesta Demokrasi

👤HERI SUSETYO 🕔Minggu 06 Desember 2020, 05:50 WIB
SEUSAI subuh, sejumlah petugas sudah datang ke tempat pemungutan suara. Mereka menyemprot seluruh meja, kursi, peralatan, dan lantai dengan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya