Kamis 11 Juni 2020, 12:27 WIB

Sambut New Normal, Pemkab Dairi Perketat Protokol Kesehatan

Apul Iskandar | Nusantara
Sambut New Normal, Pemkab Dairi  Perketat  Protokol Kesehatan

MI/Apul Iskandar
Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu memimpin rapat untuk menyamakan persepsi menjelang kenormalan baru di masyarakat.

 

MENYAMBUT kenormalan baru (new normal), Pemkab Dair, Sumatra Utara melakukan sosialisasi untuk menyatukan persepsi atau pemahaman tentang penegakan disiplin protokol kesehatan. Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan dalam rapat evaluasi pelaksanaan pencegahan covid-189, bahwa disiplin dalam penerapan protokol kesehatan merupakan kunci sukses penerapan new norrmal.

"Disiplin dalam penerapan protokol kesehatan merupakan kunci sukses dalam penerapan new normal yang akan kita laksanakan nantinya. Oleh karena itu, sosialisasi ini harus gencar kita lakukan," kata Eddy Keleng, dalam rapat di ruang kerja bupati, Rabu (10/6).

Ia menambahkan hal lain yang harus dilaksanakan adalah memperketat aturan bagi setiap warga yang akan masuk ke Kabupaten Dair. Termasuk warga yang tidak melaksanakan secara disiplin protokol kesehatan.

"Kita kaji penegakan disiplin bagi warga kita yang tidak disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Sehingga ada efek jera dan tingkat kesadaran masyarakat kita akan tinggi," ujarnya.

Selain itu, jika nantinya Kabupaten Dairi sudah masuk ke dalam wilayah zona hijau maka yang harus difokuskan adalah warga pendatang dari luar Kabupaten Dairi yang masuk ke Kabupaten Dairi. Ia menyarankan  agar warga pendatang dari zona merah agar dikaji untuk membawa surat sehat serta membawa hasil rapid test terakhir (satu minggu terakhir). Surat sehat serta hasil rapid test tersebut merupakan jaminan bagi warga pendatang untuk dapat masuk ke Kabupaten Dairi.

"Hal lainnya adalah pelaksanaan tracing bagi warga yang terdeteksi terpapar covid-19. Dengan siapa saja warga tersebut melakukan kontak atau pertemuan untuk segera melakukan isolasi. Berikutnya penerapan phsyical distancing di tempat umum ataupun di tempat ibadah yang harus mutlak dilaksanakan," terangnya.

Selain itu meminta peran aktif dari seluruh pihak untuk ikut mendukung pelaksanaan protokol kesehatan menuju new normal dapat berjalan dengan baik. Termasuk di daerah perbatasan tetap dijaga oleh Tim Satgas Covid-19.

baca juga: Stasiun dan Terminal Tangguh Semeru Menuju Era New Normal

Pada rapat itu Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi sekaligus Kapolres Dairi AKBP Leonardo David Simatupang menyampaikan evaluasi pembagian sembako yang kurang tepat sasaran, dan ditemukan kepala desa menyalahgunakan penyaluran bansos tersebut.

"Kasus kepala desa ini saat ini sedang dalam proses hukum," ujar Leonardo. (OL-3)

Baca Juga

dok.camat katingan

Banjir di Katingan Tengah Surut Aktivitas Warga Kembali Normal

👤Surya Sriyanti 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 11:01 WIB
SEJUMLAH desa di Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan, Kalteng, dilanda banjir selama 3 hari dari tanggal 5 hingga 7 Agustus....
MI/Arnold

Disayangkan Potensi Rumput Laut Nusa Penida Minim Sentuhan Teknologi

👤Arnoldus Dhae 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 10:00 WIB
POTENSI rumput laut Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali sangat luar biasa. Namun, belum ada ada sentuhan teknologi dan permodalan untuk...
MI/Mitha Meinansi

Pembangunan Masjid Nursiah Daud Paloh di Sigi Capai 80 Persen

👤Mitha Meinansi 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 09:30 WIB
 PERKEMBANGAN pembangunan fisik Masjid Nursiah Daud Paloh yang berdiri juga diatas tanah wakaf dari Hajjah Nilam Sari Lawira tersebut,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya