Rabu 15 April 2020, 10:41 WIB

Pawang Lebah di Tegal Bagikan Ramuan Herbal ke Warga

Supardji Rasban | Nusantara
Pawang Lebah di Tegal Bagikan Ramuan Herbal ke Warga

MI/SUPARDJI RASBAN
Pawang lebah Tedjo Asmoro, warga Kalinyamat Kulon, Kelurahan Margadana, Kota Tegal, meracik minuman herbal untuk diberikan kepada warga.

 

ADA cara unik yang dilakukan orang untuk menangkal penyebaran wabah virus Covid-19. Di Kota Tegal Jawa Tengah, seorang warga yang sehari hari berprofesi sebagai pawang lebah, membagikan minuman herbal kepada warga.

Minuman herbal tersebut berupa ramuan madu, jahe emprit dan sereh. Kandungan fosfor kalsium dan besi pada jahe serta tambahan madu lokal diyakini mampu meningkatkan daya imunitas tubuh. 

Dengan mengenakan blangkon dan berdiri depan rumahnya di jalan Kalinyamat Kulon Kecamatan Margadana Kota Tegal Tedjo Asmoro, 49, yang sehari hari berprofesi sebagai pawang lebah dan peternak lebah itu menyetop setiap kendaraan yang melintas di depan rumahnya.

Satu persatu warga diberi satu gelas ramuan minuman herbal berupa ramuan jahe emprit dan sereh yang dicampur madu lokal untuk langsung diminum. Tidak hanya itu, sang pawang juga membagikan masker secara cuma-cuma.

Aksi dilakukan Tedjo dalam rangka membantu pemerintah mencegah penyebaran virus Covid-19 tersebut tak ayal mengundang penasaran warga lainnya, seperti pekerja proyek dan tukang sampah. Mereka ikut mengantre untuk mendapatkan minuman herbal ramuan Tedjo sekaligus juga maskernya.

Baca juga: Wartawan di Sikka Diedukasi Tentang Wabah Virus Korona

Tedjo menuturkan aksi membagi minuman herbal dan membagi masker dilatarbelakangi rasa keprihatinan yang mendalam. 

"Saya prihatin hingga kini jumlah korban meninggal dunia akibat virus korona terus bertambah," tutur Tedjo, Selasa (14/4).

Tedjo menyebut salah satu upaya menjaga agar tidak mudah terkena virus adalah dengan menjaga daya imunitas tubuh. 

"Ya itu dengan meminum minuman herbal ramuan dari madu, jahe emprit dan sereh yang saya buat," ucapnya.

Menurut Tedjo yang juga juga ahli dalam terapi lebah, kandungan fosfor, kalsium dan zat besi pada jahe emprit, sereh serta tambahan madu lokal secara empiris terbukti mampu meningkatkan daya imunitas tubuh pada level tinggi.

"Sehingga tubuh tidak mudah terkena virus termasuk virus korona," pungkasnya. (A-2)

Baca Juga

Ist

Kepala BP Batam Padukan Perencanaan BP Batam dengan Pemda

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Mei 2021, 21:56 WIB
Perencanaan pembangunan di bawah tanggungjawab Pemkot Batam, akan dipadukan dengan perencanaan Badan Pengusahaan (BP)...
Ist

Babel Masuk 10 Provinsi yang Mengalami Pertumbuhan Ekonomi Positif

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Mei 2021, 19:57 WIB
Babel telah berupaya untuk membawa daerahnya menjadi bagian dari 10 provinsi di Indonesia yang mengalami pertumbuhan ekonomi positif...
Ist

Hari Buku Nasional, Ganjar Dapat Kado Spesial dari Anak 11 Tahun

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Mei 2021, 18:25 WIB
Bertepatan dengan peringatan Hari Buku Nasional, Abe memberikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kado novel karyanya sendiri berjudul...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya