Rabu 22 Januari 2020, 11:38 WIB

Semen Baturaja-Pusri Kerja Sama Suplai Tanah Liat

Dwi Apriani | Nusantara
Semen Baturaja-Pusri Kerja Sama Suplai Tanah Liat

MI/Dwi Apriani
MOU PT Pusri dan PT Semen Baturaja dalam pasokan bahan baku pupuk majemuk dari tanah liat, Selasa (21/1/2020).

 

PT Semen Baturaja (SMBR) kembali melakukan kerja sama dengan PT Pupuk Sriwidjaja dalam hal suplay bahan baku pupuk majemuk yakni tanah liat (white clay). Karena itu PT Semen Baturaja menyatakan kesiapan untuk mensuplai white clay untuk Pusri Palembang di tahun 2020. Kesiapan tersebut ditunjukkan dengan penandatanganan surat perjanjian jual beli White Clay dari SMBR kepada Pusri yang merupakan tindaklanjut dari Nota Kesepahaman sinergi antar BUMN yang telah ditandatangani, Selasa (21/1).

Surat perjanjian jual beli white clay selama periode satu tahun ini memuat kerja sama penggunaan white clay hasil produksi SMBR, yang nantinya dibutuhkan sebagai salah satu bahan baku pada produksi pupuk NPK milik Pusri. Penandatanganan surat perjanjian jual beli tersebut dilakukan langsung oleh Direktur Utama SMBR, Jobi Triananda Hasjim dan Direktur Utama Pusri, Mulyono Prawiro.

"Dengan telah ditandatanganinya surat perjanjian jual beli tersebut, maka SMBR siap mensuplai white clay sebanyak 50.000 MT per tahunnya kepada Pusri," ujar Jobi.

White Clay yang akan disuplai ke Pusri berasal dari tambang dan pabrik milik SMBR. Serta telah melalui proses produksi dan quality control. Jobi berkeyakinan kerja sama ini akan lebih menguntungkan kedua perseroan, khususnya bagi Pusri karena dari segi biaya transportasi akan lebih efisien karena lokasinya berdekatan.

Ia menjelaskan, SMBR telah menjajaki potensi bisnis white clay sejak 2019. Di tahun ini, SMBR akan fokus pada ekspansi produk semen dari hulu ke hilir sebagai salah satu strategi perseroan dalam menghadapi oversupply semen. Selain bisnis white clay, SMBR juga telah menjajaki bisnis mortar, bata ringan dan beton porous.

"Untuk semen mortar sudah dilakukan trial market di area Lampung mulai Oktober 2019 lalu," tambah Jobi.

baca juga: Hasil Survey LSI: Jeje Wiradinata Di Atas 50%

Pihaknya juga akan tetap fokus kepada core business perseroan dengan memaksimalkan penjualan semen di wilayah Sumatra bagian selatan. Sambil mempersiapkan untuk menjajal dua wilayah pasar baru yang juga menjanjikan yaitu Pontianak dan Banten. (OL-3)

 

 

Baca Juga

NTARA/Rivan Awal Lingga

Disiplin tidak Ke Luar Daerah, Warga Baduy Terbebas Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:34 WIB
Masyarakat Baduy lebih mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan guna mencegah penularan virus...
Antara

Pusat Layanan Kesehatan Dukung Pariwisata Labuan Bajo

👤Eni Kartinah 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:34 WIB
Dalam pengembangan pariwisata Labuan Bajo, Pemerintah Daerah (Pemda) Manggarai Barat juga melibatkan bidang kesehatan berupa pelayanan...
Antara

Kemacetan Lalin di Lokasi Longsor Deli Sedang Diatur Polisi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:29 WIB
Petugas kepolisian juga melakukan buka tutup jalur, demi kelancaran lalu lintas di lokasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya