Kamis 16 April 2015, 00:00 WIB

Petani Disarankan Gunakan Pupuk Organik

MI | Nusantara
Petani Disarankan Gunakan Pupuk Organik

ANTARA
Proses pembuatan pupuk organik dari kotoran hewan

 
PEMKAB Ponorogo, Jawa Timur, dalam musim tanam kedua ini meminta kepada petani di daerahnya untuk menggunakan pupuk organik. Imbauan itu agar para petani tidak risau saat harga pupuk kimia mendadak mahal dan langka di pasaran.

"Ketika petani mulai tandur (tanam padi), harga pupuk kimia seperti pupuk urea dan ZA itu harganya selalu naik tinggi. Selain langka, pupuk kimia juga mahal di pasaran. Kalau sudah begini, para petani risau dan bingung. Agar tidak seperti itu lagi, kami meminta petani, saat memulai tanam padi kedua tahun ini, menggunakan pupuk organik atau pupuk alami," kata Bupati Ponorogo, Amin, kemarin.

Permintaan penggunaan pupuk organik tersebut, tambah Amin, juga dalam upaya menghadapi pasar bebas dan menyambut era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

"Perdagangan semakin bebas, hasil pertanian dari kawasan Asia Tenggara dengan mudah masuk Indonesia, tanpa kecuali ke Ponorogo. Produk-produk yang mengandung bahan kimia akan tersisih dan digantikan yang alami," paparnya.

Sementara itu di Nusa Tenggara Timur, penyaluran pupuk bersubsidi dari pengecer ke 17 kelompok tani di Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, tersendat. Akibatnya, terjadi kelangkaan pupuk di kalangan petani.

Padahal petani di persawahan tersebut menanti pupuk untuk kebutuhan musim tanam kedua. Markus Dethan, petani di persawahan Manikin, yang membutuhkan lima sak pupuk bersubsidi, hingga kini belum memperoleh sejumlah pupuk tersebut. Padahal ia sudah memesan pupuk sejak dua pekan lalu.

"Januari lalu saat tanaman berusia dua minggu belum juga dipupuk. Pupuk baru datang setelah tanaman berusia 16 hari," ungkapnya.

Di tempat terpisah, pengecer pupuk Kembang Sari, Ketut Sadi, mengatakan ada kendala yang terjadi pada distributor. Hal itu yang menyebabkan pupuk belum juga sampai ke petani. (ST/PO/N-4)

Baca Juga

Antara/Fikri Yusuf

Tren Healing Melukat di Carangsari, Berkahnya Mengalir Hingga ke APBD Kabupaten

👤Iis Zatnika 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:09 WIB
Berkendara 90 menit saja dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, kita akan tiba di Desa Wisata Carangsari, Kabupaten Badung,...
Ist

Jogja Fair 2022 Digelar Bersamaan Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:00 WIB
Event berkelas yang memadukan dari segi bisnis, edukasi, dan hiburan ini akan dihelat di Jogja Expo Center pada 6-9...
DOK Sahabat Ganjar

Emak-Emak Kuningan Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo

👤Widhoroso 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:35 WIB
DUKUNGAN terhadap Ganjar Pranowo untuk maju dalam pilpres 2024 terus mengalir. Kali ini, dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah itu datang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya