Kamis 29 Desember 2022, 13:54 WIB

Wapres Dukung Pembedaan Tarif KRL

Kautsar Widya Prabowo | Megapolitan
Wapres Dukung Pembedaan Tarif KRL

ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Penumpang berjalan di dalam gerbong Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Tanjung Priok, Jakarta

 

WAKIL Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mendukung rencana Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi untuk memberikan tarif khusus kerera rel listrik (KRL) bagi masyarakat berpenghasilan tinggi. Kebijakan tersebut dinilai dapat membantu penumpang KRL yang berpenghasilan rendah.

"Idenya kan memang baik supaya yang kuat itu menolong yang lemah dan memang pembebanan itu suapaya juga disesuaikan dengan daya pikulnya, istilahnya cross subsidy," ujar Ma'ruf di Istana Wapres, di Jalan Merdeka Selatan, hari ini.

Ma'ruf menyebut ide tersebut perlu diuji coba. Setelah itu dapat dievaluasi kekurangan dan kelebihan dari program baru tersebut.

Baca juga: Dinkes DKI : Cepat Lambat Varian Omikron BF.7 Akan Melanda Indonesia

"Sebab satu ide yang baik itu kadang-kadang juga perlu implementasinya perlu dicoba, dipaskan, dan ditepatkan," jelasnya.

Sebelumnya, Budi memastikan tarif KRL tidak mengalami kenaikan sampai 2023 mendatang. Tapi, bagi masyarakat yang berpenghasilan tinggi akan dikenakan penyesuaian tarif KRL.

"Yang berdasi, yang kemampuan finansialnya tinggi mesti bayarnya lain. Jadi kalau average sampai 2023 kita rencanakan tidak naik ya," ujar Budi dalam Jumpa Pers Akhir Tahun 2022 di Gedung Kemenhub, Jakarta, Selasa, 27 Desember 2022.(OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Pemprov DKI Bangun Jalan Tembus Dari Tol Pelabuhan Ke JIS

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Selasa 07 Februari 2023, 21:17 WIB
Selain itu, dalam jangka panjang, pihaknya akan melanjutkan pembangunan jalan tembus sampai ke Jalan R.E Martadinata. Kurang lebih lebar...
MGN/Kautsar Widya Prabowo

Pemprov DKI dan Kemenhub Percepat Pengembangan LRT, MRT, dan Stasiun Tanah Abang

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Selasa 07 Februari 2023, 21:05 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai langkah ini sejalan dengan pihaknya yang tengah menggalakkan penggunaan angkutan...
Dok. Pemkot Tangsel

Operasi Keselamatan Jaya Digelar, Wali Kota Benyamin Pimpin Apel Gelar Pasukan

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 07 Februari 2023, 20:51 WIB
Dalam amanatnya, Benyamin mengatakan apel gelar pasukan ini dalam rangka evaluasi untuk mengurangi angka kecelakaan dan pelanggaran lalu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya