Kamis 10 November 2022, 11:03 WIB

Pimpin Upacara Hari Pahlawan, Pj Gubernur DKI Tegaskan Tantangan Pemanasan Global

Kautsar Widya Prabowo | Megapolitan
Pimpin Upacara Hari Pahlawan, Pj Gubernur DKI Tegaskan Tantangan Pemanasan Global

MI/PPID Pemprov DKI
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

 

PENJABAT (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan perjuangan para pahlawan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia harus terus diperjuangkan. Namun, saat ini, salah satu tantangan yang harus dihadapi, yakni pemanasan global.

Kondisi tersebut, kata Heru, telah memicu terjadinya bencana alam, kelangkaan pangan, energi, dan air bersih. 

"Kesiapsiagaan menghadapi bencana harus senantiasa diperjuangkan bersama dengan kesungguhan. Marilah bergerak dan maju bersama," ujar Heru, saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Pahlawan 2022, di Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (10/11).

Baca juga: Jokowi Tegaskan Sukarno Pahlawan Nasional, BPIP: Sejarah Telah Diluruskan

Heru menginstruksikan jajarannya untuk terus mengembangkan dan memanfaatkan energi baru dan terbarukan. Di antaranya melakukan upaya pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi memperkuat keragaman pangan.

Kemudian, mengelola sumber daya air secara bijak. Hal ini diharapkan dapat menjamin keamanan dan ketahanan air dalam menopang keberlangsungan kehidupan generasi kini dan mendatang.

"Dari Aceh hingga Papua, saya melihat dan merasakan geliat, serta semangat untuk bangkit, meningkatkan pengetahuan, melatih keterampilan, sampai dengan budi daya dan pengelolaan hasil bumi. Inilah tantangan yang sesungguhnya, mengelola kekayaan alam Indonesia yang luar biasa bagi kejayaan bangsa," tegasnya.

Lebih lanjut, Kepala Staf Kepresiden (Kasetpres) itu menilai momentum peringatan Hari Pahlawan 2022 dapat dimulai dari diri sendiri hingga lingkungan sekitar. Ia mengajak untuk menjadikan nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah kehidupan.

"Bersama kita kenang dan hormati perjuangan para pahlawan, bangun ingatan kolektif bangsa, perkuat persatuan dan kesatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pahlawan akan menjadi teladan mengarungi masa penuh tantangan, menata masa depan dan menjadi pemenang. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2022,” terang Heru. (OL-1)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Viral Ribuan Ikan Meloncat ke Daratan di Pantai Marina Ancol

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 30 November 2022, 19:59 WIB
Dari video yang dihimpun, tampak video menampilkan ikan-ikan yang melompat daratan. Ribuan ikan itu kemudian diambil oleh warga...
Antara

Sama-sama Tolak UMP DKI 2023: Buruh Bilang Kurang, Pengusaha Sebaliknya

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 30 November 2022, 19:04 WIB
Penetapan Pemprov DKI soal nominal UMP ini jadi pemicu kedua pihak kompak sama-sama menolak dan menuntut nominal UMP baru senilai Rp4,9...
John Moore/Getty Images/AFP

Polda Metro Ungkap Sabu Likuid dari Iran

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 30 November 2022, 18:55 WIB
Polda Metro Jaya mengungkap likuid yang berbahan methamphetamine atau sabu-sabu. Ia mengatakan likuid berbahan sabu tersebut tergolong baru...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya