Rabu 07 September 2022, 16:00 WIB

Trans-Jababeka Lengkapi Konsep TOD di Cikarang

Gana Buana | Megapolitan
Trans-Jababeka Lengkapi Konsep TOD di Cikarang

DOK IST
Penandatanganan PKS dan MoU Trans-Jababeka/TOD City

 

LAYANAN Trans-Jababeka kini hadir di kota mandiri Jababeka, Cikarang. Moda transportasi massal ini menjadi bagian dari konsep Transit Oriented Development (TOD) yang dikembangkan oleh PT Jababeka, Tbk. 

Trans-Jababeka sendiri adalah layanan transportasi massal terintegrasi yang melayani pergerakan masyarakat di Jababeka, baik di dalam kawasan maupun antar kawasan dari. Program ini merupakan kerjasama PT Jababeka dengan empat provider penyedia transportasi umum yaktu Sinar Jaya, Perum PPD, Perum DAMRI dan Swoop.

Darmono Direktur Utama PT Grahabuana Cikarang Suteja S menyampaikan, tujuan kerja sama ini ialah untuk menciptakan suatu sistem transportasi publik terintegrasi di kawasan Kota Jababeka Cikarang. Hadirnya transportasi publik ini adalah demi menghubungkan seluruh kawasan Kota Jababeka dengan kota-kota besar di sekitarnya dan transportasi antar moda transportasi umum lainnya seperti commuter bus, airport, stasiun KRL dan Kereta Api Cepat. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para operator yang telah mau berkolaborasi dalam mengoptimalkan angkutan massal yang ada di Kota Jababeka Cikarang ini," ungkap Suteja S di Cikarang, Selasa (6/8).

Menurut dia, dengan kerja sama ini ini hadir Bus Damri dengan rute Kawasan Jababeka dengan Bandara Soekarno-Hatta yang beroperasi setiap hari (sesuai jadwal keberangkatan yang telah ditetapkan); Bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) dan AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) dari Sinar Jaya yang beroperasi setiap hari (Senin hingga Minggu) ke Jawa Tengah; akan hadir juga Bus dari PERUM PPD dengan rute Kota Jababeka ke wilayah Jakart yang beroperasi setiap hari; dan akan hadir Bus Swoop untuk meningkatkan aksesibilitas ke Kota Jababeka.

Saat ini sendiri TOD City Jababeka sudah eksis dengan hadirnya sejumlah transportasi publik. Mulai dari layanan Jabodetabek Residence Connexion dengan rute Hollywood Junction ke Blok M-Jakarta, Jabodetabek Airport Connexion, Bus AKDP hingga layanan Shuttle Bus DAMRI dengan rute dari Hollywood Junction ke Stasiun Cikarang.

Baca juga: Kesehatan Mental Adalah Fondasi untuk Masa Depan Anak

“Sebenarnya beberapa operator bus yang melakukan tanda tangan kerja sama sudah juga beroperasi, dan ditambah operator bus lain dalam penandatanganan perjanjian kerja sama dan MoU ini, tentu akan makin mempermudah masyarakat maupun pekerja melakukan mobilitas dari dan ke Kota Jababeka,” kata dia.

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menyampaikan, kolaborasi tersebut akan memberikan dampak positif bagi masyarakat Kabupaten Bekasi, khusus yang tinggal maupun bekerja di Kota Jababeka. Sehingga mengurangi timbulan lalu lintas akibat penggunaan kendaraan-kendaraan pribadi yang saat ini jumlahnya sangat besar dan menimbulkan kemacetan

"Saya hadir memberikan dukungan, sekaligus hadir dari kementerian perhubungan untuk saya mintakan dukungannya agar Pemerintah Pusat memberikan fasilitas pelayanan umum bus umum seperti di kota-kota lain,” ujar Dani.

Direktur Angkutan BPTJ Kementerian Perhubungan Tatan Rustandi menuturkan, pihak kemenhub akan mendukung dengan memberikan fasilitas pelayanan bus umum buy the service. Tatan optimis hadirnya bus umum buy the service dan sejumlah operator bus di Shuttle Bus Hollywood Junction nanti bukan hanya akan membantu memudahkan mobilitas masyarakat yang tinggal maupun bekerja di Kawasan Jababeka saja.

“Ini juga akan membuat masyarakat kembali memakai angkutan umum dikondisi saat ini tak sedikit masyarakat yang memakai transportasi pribadi, baik motor maupun mobil,” tambah dia. (R-3)

Baca Juga

Antara

Update 3 Oktober 2022: 384 Kasus Covid-19 Terdeteksi di DKI Jakarta

👤MGN 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:45 WIB
That figure is equivalent to 33.9 percent of the total cases...
Antara

Sahabat Polisi Laporkan Baim-Paula Soal Prank Laporan KDRT

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:59 WIB
Menurut organisasi masyarakat tersebut, Baim Wong dan Paula Verhoven sebagai tokoh publik, seharusnya memberikan contoh dan...
Ist

Karya ‘Blandongan Kota’ Terbaik di Sayembara Desain Kawasan Bundaran Maruga

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 21:36 WIB
Lima finalis diberi kesempatan yang sama, yakni presentasi pemaparan karya dalam bentuk presentasi ppt dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya