Senin 16 Mei 2022, 11:10 WIB

Mudik 2022 : 651.427 Ribu Penumpang Berangkat Dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Fetry Wuryasti | Megapolitan
Mudik 2022 : 651.427 Ribu Penumpang Berangkat Dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen

dok.Ant
Penumpang Kereta Api Taksaka antre untuk memasuki ruang tunggu keberangkatan di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu (30/4/2022).

 

PT KAI Daop 1 Jakarta mencatat terdapat 651.427 penumpang dari Daop 1 Jakarta untuk keberangkatan KA dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen selama 22 hari periode Angkutan Lebaran, yakni mulai 22 April hingga 13 Mei. Sepanjang periode tersebut Daop 1 Jakarta mengoperasikan 1.383 KA dengan rata-rata per hari sebanyak 63 KA.

Adapun untuk arus balik hingga saat ini masih cukup tinggi, pada Minggu 15 Mei 2021 terdapat sekitar 14.300 pengguna tiba di Stasiun Pasar Senen dan 9.600 pengguna tiba di Stasiun Gambir.

"Secara total sejak tanggal 4 s.d 15 Mei terdapat sekitar 448.800 pengguna tiba di area Daop 1 Jakarta. Seluruh pengguna jasa KA yang tiba dipastikan telah memenuhi persyaratan perjalanan KA melalui pemeriksaan di stasiun awal keberangkatan," kata Kahumas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, Senin (16/5).

Di akhir minggu ini volume penumpang berangkat juga kembali mengalami peningkatan dengan adanya momen libur nasional Hari Raya Waisak, secara total sejak tanggal 13 s.d 15 Mei 2022 terdapat sekitar 67 ribu penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Seluruh penumpang berangkat dipastikan telah memenuhi persyaratan perjalanan KA yang ditetapkan pemerintah.

Daop 1 Jakarta kembali mengingatkan pengguna jasa KAJJ yang akan berangkat agar memperhatikan kembali persyaratan perjalanan KA untuk menghindari resiko batal berangkat karena tidak memenuhi persyaratan.

Adapun persyaratan lengkap perjalanan dengan KA yang berlaku sesuai dengan SE Kemenhub No 49 Tahun 2022. Pertama, pada penumpang yang telah melakukan vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19

Kepada para penumpang yang baru melakukan sampai vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Test Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam

Pada penumpang dengan baru melaksanakan vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam

Bagi penumpang yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam.

Pelanggan berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen.

Pelanggan berusia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Test Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Untuk membantu pelanggan dalam melengkapi persyaratan naik KA Jarak Jauh sepanjang masa Angkutan Lebaran, Daop 1 Jakarta telah melayani 47 ribu calon pengguna yang melakukan rapid test antigen dan 5.200 peserta vaksinasi di Stasiun.

Program vaksinasi tak hanya diperuntukkan bagi pelanggan namun juga bagi masyarakat luas sebagai wujud bakti KAI kepada Negeri. Hingga kini seluruh perjalanan kereta api berjalan lancar dan selamat dari stasiun keberangkatan menuju stasiun kedatangan. (OL-13)

Baca Juga: 40.900 Pemudik Kembali ke Jakarta Pakai Kereta Hari Ini

Baca Juga

Dok. Jawara Ssandi Uno

Gelar Pelatihan Dimsum di Bekasi, Pelaku UMKM Dan Emak-emak Harapkan Sandiaga Presiden 2024

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:05 WIB
Ketua Jawara Sandi Uno, Aini Kartaatmadja mengatakan, Sandiaga sosok yang tepat dalam memberikan solusi kebangkitan ekonomi kepada...
Ilustrasi

Pencuri Bobol Rumah Kosong di Jakbar Siang Hari, Korban Rugi Rp400 Juta

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:30 WIB
Kapolsek Cengkareng Kompol Ardhie Demastyo mengatakan kejadian berawal saat korban bernama Desi bersama suami dan anaknya pergi...
MI/Selamat Saragih

HIPMI BPC Kepulauan Seribu, Semangat Kewirausahaan Untuk Menggali Potensi Baru

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:22 WIB
KETUA Umum BPD HIPMI DKI Jakarta Raya (HIPMI Jaya) Sona Maesana melantik pengurus Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya