Senin 09 Mei 2022, 15:01 WIB

Dishub DKI Imbau Pesepatu Roda Gunakan Fasilitas di JIRTA

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Dishub DKI Imbau Pesepatu Roda Gunakan Fasilitas di JIRTA

MI
Ilustrasi pesepatu roda

 

DINAS Perhubungan DKI Jakarta angkat bicara mengenai insiden para pesepatu roda atau roller skater yang menggunakan badan jalan di Jalan Jenderal Gatot Subroto untuk beraktivitas.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengimbau agar para atlet maupun warga yang memiliki hobi sepatu roda menggunakan fasilitas yang sudah disediakan oleh Pemprov DKI seperti Jakarta International Roller Track Arena (JIRTA).

Ia menegaskan, pemain sepatu roda tak diperkenankan menggunakan jalan raya untuk beraktivitas karena dapat membahayakan nyawa.

"Pemain Roller Skate kami imbau untuk tidak bermain di jalan karena akan sangat membahayakan keselamatan bagi pemain roller skate juga bagi pengguna jalan lainnya," ucap Syafrin saat dihubungi, Senin (9/5).

"Kami persilakan untuk bermain/beraktivitas Roller Skate di arena atau lokasi-lokasi yang memang sesuai peruntukkannya, seperti; Jakarta International Roller Track Arena (JIRTA) di Kawasan Sunter, Jakarta Utara atau sejumlah tempat lainnya yang peruntukannya bagi pemain Roller Skate," lanjutnya.

Sebelumnya, pengguna Twitter @mazzini_gsp dan @pativ7 mengkritisi adanya beberapa pesepatu roda yang melintas di Jalan Gatot Subroto dan menggunakan jalur di tengah jalan sehingga rawan berkonflik dengan pengguna kendaraan bermotor.

Baca juga: Polda Metro Jaya Akan Tegur Pesepatu Roda yang Melintas di Tengah Jalan Protokol

Terdapat pula video rekaman peristiwa tersebut yang diunggah oleh akun Twitter @pativ7 pada 8 Mei 2022 pada pukul 09.01.

Dalam video berdurasi 44 detik itu beberapa skater yang menggunakan atribut helm dan baju olahraga terlihat memacu sepatu roda dengan kecepatan yang cukup tinggi di jalur kedua dan ketiga dari trotoar atau berada di jalur tengah. Bahkan mereka sempat menyalip kendaraan bermotor roda dua di depannya.

Beberapa pengendara motor pun terlihat mengalah dan mengurangi kecepatan agar tidak menabrak para skater tersebut. Dalam video juga terlihat para pengendara sepeda yang dalam saat bersamaan tetap disiplin melaju di jalur paling kiri Jalan Gatot Subroto.

Video yang sudah ditonton lebih dari 340 ribu kali itu pun menuai kritik pedas dari warganet. Para warganet di Twitter menumpahkan kekesalannya atas arogansi para skater yang melaju di tengah jalan bersamaan dengan pengguna kendaraan bermotor. Kejadian itu dianggap membahayakan diri sendiri dan pengguna kendaraan lainnya.

Para warganet pun menyayangkan para skater yang tidak menggunakan fasilitas yang sudah ada.(OL-5)

Baca Juga

Antara/Dhemas Reviyanto

Koalisi Pejalan Kaki Minta Satgas Penanganan Covid-19 Bikin Panduan HBKB

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 25 Mei 2022, 21:00 WIB
Panduan teknis itu berisikan berbagai ketentuan dan syarat pelaksanaan HBKB, termasuk apabila nantinya ada pihak-pihak yang ingin menggelar...
Dok MI

Pakar: Penertiban Penunggak Tagihan Air Tirta Pakuan Sesuai Regulasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 20:27 WIB
Suparji Ahmad menyebut bahwa langkah Perumda sudah sesuai dengan regulasi dari Perda Nomor 5 Tahun...
Antara/Galih Pradipta

Jakarta PPKM Level 1, Monas Tunggu Instruksi Pemprov DKI Untuk Pembukaan Kembali

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 25 Mei 2022, 20:18 WIB
Dia menambahkan, sampai saat ini pihaknya masih menunggu instruksi lebih lanjut dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terkait...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya