Selasa 03 Mei 2022, 15:00 WIB

Hari Kedua Lebaran, Pengunjung TPU Pondok Ranggon Jakarta Timur Membludak

Kisar Rajaguguk | Megapolitan
Hari Kedua Lebaran, Pengunjung TPU Pondok Ranggon Jakarta Timur Membludak

MI/Andri Widiyanto
Petugas melintas diantara pemakaman usai melakukan perawatan makam di TPU.

 

TAMAN Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon di Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur dipadati ribuan pengunjung pada hari kedua Lebaran 2022, Selasa (3/5).

Di gerbang utama TPU, tampak barisan pengunjung yang menunggu giliran masuk ke TPU. Suasana TPU yang padat pengunjung terpantau tak mematuhi protokol kesehatan. Mereka tak menjaga jarak dan tak memakai masker.

Baca juga: Anies Janjikan Perbaikan Pasar Gembrong Dimulai Pekan Depan

Siti Komsjah, 49, mengatakan tidak memakai masker karena lupa membawanya. Siti sendiri tak bisa ke area lantaran gerbang utama macet parah oleh kendaraan roda empat dan dua.

"Saya niatnya mau liburan sama keluarga. Mumpung libur juga kan. Tapi ini nggak bisa masuk karena tidak ada parkir kendaraan," kata Siti.

Emak-emak asal Kelurahan Mekarsari, Kota Depok, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, itu akhirnya memilih piknik ke kolam renang Laguna yang tak jauh dari TPU. " Terpaksa saya dan anak-anak cari tempat wisata lain yang masih bisa didatangi," imbuh Siti.

Lebih lanjut ia mengatakan, tiap libur lebaran selalu mendatangi TPU yang didesain secara khusus, sehingga pengunjung yang berkeliling tetap bisa melihat suasana indahnya panoramanya TPU.

"Saya dan anak-anak suka dengan layanan ini. Apalagi kita sudah dua tahun nggak kesini akibat pandemi covid-19," ujarnya.

Pengunjung lainnya, Abdillah, 69, bercerita sudah mengantisipasi TPU Pondok Ranggon bakal macet. Dia pun lebih awal ke TPU. Saya pukul 7.00 WIB sudah di lokasi TPU, " ujarnya.

Namun ia kecewa lantaran di TPU itu calo-calo berkeliaran. Mereka mengutip uang dari pengunjung. " Gubernur Anies Baswedan harus tindak tegas dan bersihkan tukang parkir-tukang parkir liar tersebut. TPU kan milik pemerintah daerah, harus bersih dari segala kutipan retribusi, " tegasnya.

Salah satu pengutip uang parkir di gerbang utama TPU Pondok Ranggon, Ujang mengaku pekerjaan sebagai tukang parkir ini merupakan pekerjaan utamanya. " Saya tak punya pekerjaan tetap, pekerjaan sehari-hari saya hanya tukang parkir, " akunya. 

Ia menyebutkan, jumlah pengunjung TPU Pondok Ranggon pada hari kedua lebaran sekitaran 5.000 orang lebih.

"Jumlah tersebut lebih banyak dari pengunjung pada lebaran hari pertama Senin (2/5/2022) kemarin yakni sebanyak 3.000 orang," ujar Ujang Selasa (3/5/2022).

Menurut Ujang, di TPU Pondok Ranggon tersedia tempat duduk dan meja yang bahannya dari kayu dan semen yang didesain.

"Di TPU Pondok Ranggon ada puluhan tempat duduk dan meja-meja dan banyak pula pedagang yang jualan makanan dan minuman," katanya.

Pengunjung yang berkunjung ke TPU Pondok Ranggon bisa menikmati keberadaan makam baik makam covid-19, umakam korban kerusuhan 15 Mei 1998, dan makam tanpa nama atau tanpa identitas KTP.

"Namun pihak pengelola TPU tidak menyiapkan fasilitas transportasi keliling untuk menarik minat para pengunjung untuk mengeliilingi pemakaman, " tuturnya (OL-6)

Baca Juga

DOK MI.

Pelaku Pembunuhan terhadap Pria Bertato Ikan Mas Ditangkap

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 20 Mei 2022, 17:15 WIB
Setelah mati, darah korban akan dimasukkan ke dalam keris. Setelah itu, pelaku mengaku korban akan hidup...
Medcom

PMJ Tangkap WN Latvia Pelaku Pembobol ATM dengan Modus Skimming

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 20 Mei 2022, 16:52 WIB
TIM Subdit Reserse Mobil Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap seorang warga negara Latvia, Roberts Markarjancs, 46, atas kasus pencurian...
DOK MI.

Polisi Tangkap Warga Negara Latvia Curi Uang Nasabah Bank

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 20 Mei 2022, 16:46 WIB
Dari penyelidikan yang dilakukan, petugas mencurigai satu orang yang diduga sebagai pelaku dan langsung melakukan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya