Kamis 28 April 2022, 22:50 WIB

Pemprov DKI Jakarta Gandeng WIR Group Kembangkan Metaverse

Mediaindonesia.com | Megapolitan
Pemprov DKI Jakarta Gandeng WIR Group Kembangkan  Metaverse

DOK Pribadi.
Pemprov DKI Jakarta menilai kerja sama dengan WIR Group akan memberikan kesempatan luar biasa bagi pengembangan layanan publik di Jakarta.

 

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan hadir dalam platform metaverse sebagai upaya mendukung visi Jakarta sebagai kota maju melalui pelayanan public excellent yang dapat disejajarkan dengan berbagai kota besar di dunia. Sebagai langkah awal, Pemprov DKI menjalin kerja sama strategis untuk mengembangkan platform metaverse dengan PT WIR Asia Tbk (WIR Group), perusahaan teknologi berbasis augmented reality terkemuka di Asia Tenggara. 

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen melakukan pengembangan di berbagai sektor layanan publik melalui transformasi digital, termasuk dengan menghadirkan realitas virtual metaverse. Kami siap mengadopsi teknologi metaverse untuk mewujudkan visi Jakarta sebagai kota maju, lestari dan berbudaya yang warganya terlibat dalam mewujudkan keberadaban, keadilan, dan kesejahteraan bagi semua," ujar Yudhistira Nugraha, Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City, saat penandatanganan nota kesepahaman kerja sama itu di Balai Kota Jakarta, Kamis (28/4).

Pemprov DKI Jakarta menilai kerja sama dengan WIR Group akan memberikan kesempatan luar biasa bagi pengembangan layanan publik di Jakarta. Dengan mengadopsi teknologi digital metaverse, Pemprov DKI Jakarta juga bisa menggali berbagai potensi dan peluang dalam pengembangan layanan yang sebelumnya tidak terbayangkan. 

"Kerja sama strategis dengan PT WIR Asia merupakan upaya untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat Jakarta dalam mengakses dan mendapatkan layanan. Ini juga menjadi bagian dari rangkaian transformasi digital Pemprov DKI Jakarta dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui pengembangan layanan publik berbasis TI, setelah kami mengembangkan Jakarta Smart City," kata Yudhistira Nugraha. 

Yudhistira meyakini pengembangan teknologi digital metaverse dapat mendukung terwujudnya pelayanan publik kelas dunia untuk menyelesaikan berbagai permasalahan kota dan warga secara efektif sekaligus memberikan pengalaman unik kepada masyarakat. "Kami tertarik untuk melakukan kerja sama dengan PT WIR Asia dalam pengembangan platform metaverse Jakarta, karena track record mereka dalam pengembangan teknologi AR/VR dan AI yang sudah diakui di berbagai negara. Selain itu, platform metaverse yang dikembangkan juga mengacu pada nilai-nilai luhur bangsa, Bhinneka Tingga Ika, dan sejalan dengan visi Pemprov DKI Jakarta," tandas Yudhistira.

Bagi PT WIR Asia, kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta menegaskan komitmennya dalam mengembangkan platform metaverse untuk kota-kota besar di Indonesia. "Tentu pengembangan platform metaverse Jakarta dilakukan dengan tata kelola yang kredibel dan berdasarkan nilai-nilai dan kearifan lokal dan budaya bangsa seperti yang dikembangkan untuk metaverse Kota Makassar dan Bali," ujar Direktur Utama PT WIR Asia Tbk Michel Budi Wirjatmo.

Baca juga: Kemenhub Ingatkan Pemudik: Maksimal di Rest Area 30 Menit

Penandatanganan kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta akan membawa PT WIR Asia pada satu fase penting dalam rangkaian pengembangan ekosistem untuk mendukung platform metaverse yang lebih besar. "Pembangunan metaverse di Indonesia secara keseluruhan memang membutuhkan waktu cukup lama dan dilakukan secara bertahap hingga 2024 mengingat pengembangannya memiliki kompleksitas yang tinggi," tutur Michel.

Michel menambahkan pihaknya mendukung upaya Pemprov DKI Jakarta dalam mengembangkan layanan di platform metaverse dengan membantu menavigasi cara berinteraksi di dunia metaverse yang memerlukan cara-cara khusus dan dengan memperhatikan peraturan dan regulasi yang berlaku. Dalam mengembangkan teknologi, pihaknya juga selalu berpikir dan bertindak mengacu kepada filosofi dan nilai-nilai luhur bangsa. (RO/OL-14)

Baca Juga

Medcom

Pelaku Pelecehan di Mal Di Bintaro Penderita Gangguan Jiwa

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:00 WIB
Pelaku tindakan asusila terhadap seorang anak di sebuah mal (pusat perbelanjaan) di kawasan Bintaro, merupakan pengidap gangguan jiwa alias...
Dok. Pribadi

Kasus Pemukulan, Andy Cahyady Pertanyakan Status Kuasa Hukum dan Penjamin Wenhai Guan

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:30 WIB
Andy mempertanyakan kapasitas Marna Ina sebagai advokat dalam kasus tersebut kepada Kejaksaan Tinggi DKI...
DOK.MI

Gadaikan Mobil Sewaan, Pasutri Diciduk Polisi

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 27 Juni 2022, 21:35 WIB
DA dan SJ awalnya menyewa mobil milik korban berinisial YMS. Mobil tersebut disewa untuk operasional proyek dengan tarif Rp500 ribu per...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya