Sabtu 09 April 2022, 18:10 WIB

Permudah Pemudik, Terminal di DKI Akan Sediakan Tes Antigen 

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Permudah Pemudik, Terminal di DKI Akan Sediakan Tes Antigen 

Antara/AKbar Nugroho Gumay
Petugas memeriksa syarat perjalanan pemudik yang menggunakan bus AKAP di Terminal kampung Rambutan, Jakarta

 

DINAS Perhubungan DKI Jakarta memastikan akan memeriksa syarat mudik dengan ketat. Hal ini untuk memastikan mudik tahun ini bisa berjalan aman, nyaman, dan sehat. 

Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta Yayat Sudrajat pun menegaskan, masyarakat yang tak penuhi syarat mudik tidak diperbolehkan membeli tiket bus antar kota antar provinsi saat arus mudik nanti. 

"Ya seperti itu. Penyaringannya nanti saat pembelian tiket. Dalam proses itu diperiksa syarat-syaratnya," ujar Yayat saat dikonfirmasi Media Indonesia, Sabtu (9/4). 

Sebelumnya, pemerintah pusat memperbolehkan masyarakat melakukan mudik tahun ini dengan persyaratan tertentu. Bagi masyarakat yang baru divaksin dosis 1 harus memiliki hasil tes PCR untuk bisa mudik.  

Sementara bagi yang sudah mendapatkan vaksin dosis lengkap harus melampirkan tes antigen. Untuk masyarakat yang sudah vaksin booster diizinkan mudik tanpa harus melampirkan hasil tes apapun. Persyaratan ini akan diperiksa melalui aplikasi PeduliLindungi.  

Baca juga : Pemprov DKI Cairkan Dana KLJ, KPDJ, KAJ

Untuk mempermudah para pemudik mengakses layanan tes antigen, terminal-terminal utama di DKI yang mengakomodir pemudik tahun ini bakal menyediakan tes antigen. 

"Di terminal yang tipe A nanti ada seperti di Kampung Rambutan, Tanjung Priok, Kalideres, dan Pulo Gebang. Ini masih berbayar ya karena memang tidak ada subsidi untuk itu," ujarnya. 

Sementara itu, untuk fasilitas vaksin booster nantinya akan tersedia di Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Pulo Gebang. Masyarakat pun diimbau agar melakukan vaksinasi booster jauh-jauh hari alias tidak pada hari H rencana keberangkatan ke kampung halaman. 

"Karena khawatir ada KIPI (kejadian ikutan pascaimunisasi) yang cukup parah nanti akan sulit diberikan pertolongan kalau sedang dalam perjalanan  mudik. Jadi sebisa mungkin boosternya lebih awal," tandasnya. (OL-7)

Baca Juga

Medcom

Pelaku Pelecehan di Mal Di Bintaro Penderita Gangguan Jiwa

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:00 WIB
Pelaku tindakan asusila terhadap seorang anak di sebuah mal (pusat perbelanjaan) di kawasan Bintaro, merupakan pengidap gangguan jiwa alias...
Dok. Pribadi

Kasus Pemukulan, Andy Cahyady Pertanyakan Status Kuasa Hukum dan Penjamin Wenhai Guan

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:30 WIB
Andy mempertanyakan kapasitas Marna Ina sebagai advokat dalam kasus tersebut kepada Kejaksaan Tinggi DKI...
DOK.MI

Gadaikan Mobil Sewaan, Pasutri Diciduk Polisi

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 27 Juni 2022, 21:35 WIB
DA dan SJ awalnya menyewa mobil milik korban berinisial YMS. Mobil tersebut disewa untuk operasional proyek dengan tarif Rp500 ribu per...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya