Senin 14 Februari 2022, 21:34 WIB

Guruh Tirta Dicalonkan Jadi Ketum Perhimpunan Pusat Grosir Tanah Abang

mediaindonesia.com | Megapolitan
Guruh Tirta Dicalonkan Jadi Ketum Perhimpunan Pusat Grosir Tanah Abang

Ist
Guruh Tirta Lunggana (kanan) berdialog dengan pedagang di Pusat Grosir Metro Tanah Abang, Jakarta.

 

BERMULA dari visi Sutiyoso atau lebih akrab disapa Bang Yos yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, yang berkeinginan mendorong perekonomian Jakarta pascakrisis moneter tahun 1998.

Selanjutnya, Tjondro Liemonta yang memiliki hati untuk bangsanya, dengan kerja keras yang nyata mulai merintis penataan kawasan Tanah Abang dari pasar sandang tradisional (Pasar Tanah Abang) hingga bertransformasi menjadi pusat grosir modern terpadu dan terpandangs serta akhirnya menjadi barometer perdagangan Jakarta dan Indonesia.

Pembangunan dimulai dari Jembatan Metro Tanah Abang yang menghubungkan Pasar Tanah Abang Blok B dengan Gedung Pusat Grosir Metro Tanah Abang pada tahun 2000.

Pusat Grosir Metro Tanah Abang merupakan pusat perdagangan swasta modern pertama di Tanah Abang yang dilengkapi dengan pendingin ruangan yang meliputi seluruh gedung perbelanjaan.

Baca juga: Ketua DPRD DKI Gelar Vaksinasi Booster

Selain itu, dibangun fasilitas-fasilitas pendukung lainnya demi kenyamanan berdagang dan berbelanja, di antaranya lift penumpang, lift barang, eskalator, toilet, mushola, serta gedung parkir yang luas dan nyaman.

Ketokohan sosok kharismatik almarhum Haji Abraham Lunggana atau yang dikenal luas sebagai Haji Lulung adalah salah satu kunci sukses pembangunan Metro Tanah Abang.

Haji Lulung adalah pribadi yang membuat para pedagang menjadi percaya dan merasa tenang berdagang di Tanah Abang.

Semasa hidupnya, dengan cara yang khas dan persuasif, beliau selalu mengayomi serta aktif menjembatani kepentingan para pedagang dan turut serta menjaga situasi kamtibmas tetap harmonis.

Pada akhirnya, Pasar Tanah Abang menjadikan Pusat Grosir Metro Tanah Abang (PGMTA) bukan hanya tempat berdagang yang aman dan nyaman sampai hari ini, namun juga menjadi pusat persimpangan kultur dan sosial yang menjadi gambaran budaya Indonesia yang utuh.

Wajah Tanah Abang pun berubah total, dari semula pasar baju tradisional menjadi area pusat perbelanjaan modern yang terpadu dan tertata rapi.

Antar pusat perbelanjaan di Tanah Abang seluruhnya terkoneksi dengan baik, tersinergi, serta didukung pula oleh sistem transportasi yang memadai, mulai dari kereta api, kendaraan/angkutan umum maupun kendaraan pribadi. 

Almarhum Haji Lulung adalah inisiator berdirinya Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Non Hunian (PPRSNH) Pusat Grosir Metro Tanah Abang (PGMTA) pada tahun 2010 sekaligus menjabat Ketua Umum PPRSNH PGMTA selama dua periode berturut-turut: 2010-2013 dan 2014-2017. 

Dalam meneruskan cita-cita mulia Tjondro Liemonta dan almarhum Haji Lulung, Guruh Tirta Lunggana diajukan sebagai calon Ketua PPRSNH PGMTA periode 2022-2025.

"Maka kami bersepakat untuk mengajukan Bapak Guruh Tirta Lunggana sebagai calon Ketua PPRSNH PGMTA periode 2022-2025," kata Joni, pedagang di Pusat Grosir Metro Tanah Abang, dalam keterangan pers, Senin (14/2).

"Kami memandang Bapak Guruh Tirta Lunggana sebagai seseorang dengan kapasitas sebagai tokoh muda Betawi, sekaligus seorang Wakil Rakyat yang telah teruji dalam mengayomi banyak pihak, mulai dari pedagang hingga masyarakat sekitar yang telah diberdayakannya," tutur Joni.

"Kerja keras dan ketekunan para pedagang yang aktif berdagang dalam kurun waktu 20 tahun terakhir secara turun temurun di Metro Tanah Abang, telah menjadikan PGMTA sebagai pusat grosir fesyen terbaik dengan desain yang paling kekinian," jelasnya.

Denyut roda perekonomian di Tanah Abang sebagai sentra sandang terbesar di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara sangat penting untuk kita jaga bersama.

PGMTA hadir sebagai pusat grosir fesyen terbaik dan terbesar dengan seluruh desain yang kekinian. 

Untuk menjaga itu semua, maka pengelolaan PGMTA harus semakin tanggap, terpadu, serta selalu siap mengikuti perkembangan zaman.

Secara khusus selama pandemi Covid-19 ini, seluruh pedagang, pekerja dan unsur pendukung di PGMTA telah mengikuti program vaksinasi Covid-19, serta disiplin menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan virus Corona. 

"Saya siap menjaga keutuhan Metro Tanah Abang sebagai rumah kita bersama dan melanjutkan sinergi yang baik yang telah terjalin selama ini antara pengelola dan pedagang, demi terus memajukan PGMTA sebagai pusat perdaganga ngrosir fesyen terbaik dan terbesar di Jakarta," ujar Guruh Tirta Lunggana saat menanggapi pencalonannya.

"Kami selaku pengelola PGMTA juga siap menyemarakkan perdagangan di musim Lebaran 2022 mendatang, salah satunya dengan menyelenggarakan acara Gebyar Lebaran 2022," ujar Guruh

"Dalam kemeriahan nanti, kami akan menyiapkan undian berhadiah bagi para pengunjung yang berbelanja dan juga akan mengadakan lomba video kreatif media sosial," paparnya

"Pusat Grosir Metro Tanah Abang adalah rumah bersama para pedagang dan para pecinta belanja Tanah Air, sebagaimana Jakarta adalah rumah bersama bagi banyak suku, etnis dan budaya yang ada di Indonesia," jelas Guntur Tirta. (RO/OL-09)

 

 

Baca Juga

ANTARA

Tujuh Suporter Persita Jadi Tersangka Penyerangan Bus Tim Persis Solo

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 30 Januari 2023, 21:28 WIB
POLRES Tangsel, Banten menetapkan tujuh suporter Persita Tangerang.menjadi tersangka kasus perusakan bus tim Persis Solo usai bertanding di...
MI/Kisar Rajagukguk

Disdik: SDN Pondok Cina 1 Depok Dibangun Tahun Ini oleh Kementrian PUPR

👤Kisar Rajagukguk 🕔Senin 30 Januari 2023, 16:52 WIB
PEMBANGUNAN gedung baru Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pondok Cina 1 yang berada di Jalan Raya Margonda, Kota Depok, Jawa Barat, dibangun tahun...
MI/HO

Elemen Tokoh Masyarakat Tangsel dan Tangerang Konsolidasi Perkuat Bakortara

👤 Syarief Oebaidillah 🕔Senin 30 Januari 2023, 16:06 WIB
Ia menilai, peluang dan harapan terbuka lebar bagi sebuah perjuangan terbentuknya pemekaran Provinsi Tangerang Raya yang diinisiasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya