Jumat 28 Januari 2022, 15:17 WIB

Kelompok Usia Produktif Paling Rentan Terpapar Covid-19

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Kelompok Usia Produktif Paling Rentan Terpapar Covid-19

MI/Ramdani
Pekerja di Jakarta mengenakan masker saat beraktivitas.

 

DINAS Kesehatan DKI Jakarta membuat kajian terhadap rasio risiko keterpaparan covid-19 (incident rate) berdasarkan kelompok umur. Kajian ini dilakukan pada Desember 2021 lalu.

Dari kajian ini ditemukan kelompok umur yang memiliki risiko tertinggi terhadap penularan covid-19 adalah kelompok umu 20 tahun-40 tahun.

Sementara itu, pada kelompok usia sekolah yakni 0-10 tahun dan 11-20 tahun memiliki risiko yang cenderung stabil rendah. "Sedangkan di usia sekolah itu tidak lebih tinggi. Artinya stabil di angka kita. Artinya tidak terjadi lonjakan yang tinggi tiba-tiba tapi angkanya stabil," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti, di Balai Kota, Kamis (27/1).

Namun demikian, hal tersebut bukan berarti menjadikan warga di usia yang tidak memiliki risiko tinggi tertular covid-19 lalai terhadap protokol kesehatan. Semua kalangan warga baik muda maupun lansia harus tetap patuh terhadap protokol kesehatan.

Sementara itu, guna melakukan pengendalian terhadap kasus covid-19, Widyastuti menjelaskan, pihaknya masih melakukan program active case finding atau pencarian aktif kasus.

"Jadi meskipun kita evaluasi, kita tetap akan bicara dengan data dan salah satu upaya DKI adalah melakukan active case finding terhadap komunitas sekolah. Dalam active case finding yang kita lakukan dan tracing di sekolah terdampak ada yang positif. Itu angka tertinggi di komunitas sekolah adalah di usia 18 tahun ke atas," tutupnya. (OL-12)

Baca Juga

Antara/Dhemas Reviyanto

Evaluasi HBKB, Koalisi Pejalan Kaki Soroti Rendahnya Pemindaian Peduli Lindungi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 25 Mei 2022, 22:26 WIB
"Nah di rapat evaluasi kemarin juga jadi sorotan terkait dengan masih sedikitnya publik yang melakukan pemindaian QR code," kata...
Antara/Dhemas Reviyanto

Koalisi Pejalan Kaki Minta Satgas Penanganan Covid-19 Bikin Panduan HBKB

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 25 Mei 2022, 21:00 WIB
Panduan teknis itu berisikan berbagai ketentuan dan syarat pelaksanaan HBKB, termasuk apabila nantinya ada pihak-pihak yang ingin menggelar...
Dok MI

Pakar: Penertiban Penunggak Tagihan Air Tirta Pakuan Sesuai Regulasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 20:27 WIB
Suparji Ahmad menyebut bahwa langkah Perumda sudah sesuai dengan regulasi dari Perda Nomor 5 Tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya